Waspada! Hujan Lebat dan Panas Ekstrem Masih Mengintai Indonesia!

- 27 April 2024, 19:53 WIB
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Periode Peralihan Musim
BMKG: Waspada, Potensi Cuaca Ekstrem Masih Mengintai di Periode Peralihan Musim /BMKG/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menginformasikan bahwa potensi hujan lebat hingga ekstrem masih akan terjadi di beberapa wilayah di Indonesia hingga sepekan ke depan. Hujan lebat tersebut dipicu oleh aktivitas Madden Julian Oscillation (MJO), Gelombang Kelvin dan Rossby Equatorial, serta kondisi suhu muka laut yang hangat di perairan wilayah sekitar Indonesia.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto, menjelaskan bahwa potensi hujan signifikan akan terjadi di sebagian besar Sumatera, Jawa bagian barat dan tengah, sebagian Kalimantan dan Sulawesi, Maluku dan Sebagian besar Papua.

"Masyarakat di wilayah-wilayah tersebut diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan dan antisipasi dini terhadap potensi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dalam durasi singkat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang, angin puting beliung, dan fenomena hujan es," ujar Guswanto.

Ciri Masa Peralihan Musim

Bulan April merupakan periode peralihan musim dari musim hujan ke musim kemarau di sebagian besar wilayah di Indonesia. Hal ini menyebabkan pola hujan yang biasa terjadi pada sore hingga menjelang malam hari dengan didahului oleh adanya udara hangat dan terik pada pagi hingga siang hari.

Karakteristik hujan pada periode peralihan cenderung tidak merata dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi singkat. Apabila kondisi atmosfer menjadi labil/tidak stabil maka potensi pembentukan awan konvektif seperti awan Cumulonimbus (CB) akan meningkat. Awan CB inilah yang erat kaitannya dengan potensi kilat/petir, angin kencang, puting beliung, bahkan hujan es.

Baca Juga: Mitigasi Bencana Gempa Bumi di Jawa Barat, BMKG dan BRIN Bekerjasama Pantau Sesar Lembang

Gelombang Panas

Selain potensi hujan lebat, awal pekan ini terpantau gelombang panas (heat wave) melanda berbagai negara Asia dan Asia Tenggara, seperti Thailand yang berada dekat dengan Indonesia dengan suhu maksimum mencapai 52°C. Di Indonesia sendiri suhu udara maksimum diatas 36.5°C tercatat di beberapa wilayah.

Halaman:

Editor: Akhlil

Sumber: bmkg.go.id


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x