Kue Telur Belangkas, Kelezatan Tradisional yang Sarat Makna dari Lingga

- 22 Maret 2024, 15:45 WIB
Kue Telur Belangkas.
Kue Telur Belangkas. /Disbud Kepri

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri) memiliki beragam kue-mueh tradisional yang menggugah selera, salah satunya adalah Kue Telur Belangkas. Kue ini bukan hanya lezat, tetapi juga memiliki makna kultural yang mendalam, terutama dalam adat etika acara pengantin Melayu Lingga.

Kue Telur Belangkas memiliki cita rasa manis dan gurih dari telur ayam yang digunakan sebagai bahan dasarnya. Bentuknya yang menyerupai telur belangkas membuat kue ini unik dan menarik.

Adapun makna yang terkandung dalam kue ini adalah harapan agar pasangan pengantin memiliki keturunan atau berkembang biak, sebagaimana pepatah Melayu yang mengatakan "banyak anak, banyak rezeki".

Baca Juga: Lakse, Kuliner Khas Melayu Lingga yang Menggugah Selera

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba membuat Kue Telur Belangkas, berikut adalah resep dan cara membuatnya:

Bahan-bahan:

  • 6 butir telur, ambil kuningnya saja (disarankan menggunakan telur ayam kampung untuk rasa yang lebih enak)
  • 100gr gula pasir
  • Mentega setengah sendok makan

Baca Juga: Kue Apam, Warisan Kuliner Kesultanan Lingga-Riau yang Sarat Makna

Cara membuat:

  1. Hidupkan kompor terlebih dahulu.
  2. Campurkan semua bahan di atas ke dalam panci dan letakkan di atas kompor. Usahakan untuk terus mengaduk hingga adonan matang.
  3. Setelah adonan matang, adonan kue akan berbentuk seperti telur belangkas. Kue ini memiliki warna alami khas dari kuning telur. Jika yang digunakan adalah kuning telur ayam kampung, maka warna kuningnya akan semakin pekat.

Kue Telur Belangkas menjadi salah satu kue tradisional yang tak hanya memanjakan lidah, tetapi juga mengandung nilai budaya yang kaya. Kue ini menjadi bukti kekayaan kuliner dan tradisi yang dimiliki oleh Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

Editor: Ruzi Wiranata


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini