Lakse, Kuliner Khas Melayu Lingga yang Menggugah Selera

- 21 Maret 2024, 16:05 WIB
Lakse, salah satu kuliner khas di Kabupaten Lingga.
Lakse, salah satu kuliner khas di Kabupaten Lingga. /Istimewa

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Kabupaten Lingga, yang dikenal sebagai salah satu penghasil sagu di Kepulauan Riau, menyajikan beragam kuliner khas yang menggugah selera, salah satunya adalah lakse. Makanan ini menjadi bukti kekayaan budaya dan tradisi kuliner Melayu di Negeri Bunda Tanah Melayu.

Lakse memiliki tekstur yang kenyal dan bentuk yang mirip dengan mie, namun lebih tebal dan bening. Meskipun tampak sederhana, lakse menawarkan rasa yang unik, dengan perpaduan rasa gurih, pedas, dan mantap yang memanjakan lidah.

Ada dua varian rasa lakse yang populer di Lingga, yaitu lakse kuah dan lakse goreng. Lakse kuah terdiri dari mie sagu dan kuah kental yang dibuat dari santan kelapa dan ikan atau udang yang ditumbuk halus.

Baca Juga: Kue Apam, Warisan Kuliner Kesultanan Lingga-Riau yang Sarat Makna

Rempah-rempah seperti lada kering, ketumbar, jintan putih, adas manis, bawang merah, bawang putih, jahe, dan kunyit digunakan untuk menambah kelezatan kuah lakse.

Variasi tambahan seperti irisan mentimun, kecambah, daun kesom yang dihiris halus, atau sayuran lain sesuai selera, dapat menambah kekayaan rasa lakse. Tak ketinggalan, sambal belacan yang terbuat dari lada kering menjadi pelengkap yang sempurna untuk hidangan ini.

Lakse tidak hanya digemari oleh masyarakat setempat, tetapi juga menjadi menu favorit saat berbuka puasa. Harganya yang terjangkau, mulai dari Rp1.500 hingga Rp2.000 per porsi, membuat lakse semakin populer di kalangan masyarakat Lingga.

Baca Juga: Tiga Kuliner Enak di Kota Tanjung Pinang yang Wajib Dicoba

Selain lakse, Kabupaten Lingga juga menawarkan berbagai makanan khas lainnya yang berbahan dasar sagu, seperti lempeng sagu, kepurun, lambok, keripik sagu bakar, keripik sagu lenggang, kue bangkit, gubal, dan beberapa makanan lainnya.

Editor: Ruzi Wiranata


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah