Waspada Penipuan Mengatasnamakan Ketua TP-PKK Lingga! Modus Baru Incar Kepala Desa

- 26 April 2024, 13:59 WIB
Penipu Mengaku Ketua TP-PKK Lingga Tawarkan Bantuan Bank Dunia, Jangan Tertipu!
Penipu Mengaku Ketua TP-PKK Lingga Tawarkan Bantuan Bank Dunia, Jangan Tertipu! /

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Telah terjadi upaya penipuan melalui Whatsapp yang mengatasnamakan Ketua TP-PKK Kabupaten Lingga, Maratusholiha Nizar. Penipu menggunakan foto profil Maratusholiha bersama Bupati Lingga, Muhammad Nizar, untuk meyakinkan korban.

Kronologi Penipuan

Modus penipuan ini dilakukan dengan cara:

  1. Penipu menghubungi beberapa Kepala Desa melalui Whatsapp.
  2. Penipu mengaku sebagai Maratusholiha Nizar dan menginformasikan bahwa Kepala Desa akan mendapatkan bantuan dari Bank Dunia senilai Rp75 juta.
  3. Penipu mengatakan bahwa bantuan tersebut akan ditransfer melalui bendahara desa.
  4. Penipu kemudian memberikan nomor handphone yang mengaku sebagai bendahara desa.
  5. Dalam beberapa kasus, bendahara desa yang dimaksud juga menghubungi Kepala Desa terlebih dahulu untuk meyakinkan mereka.

Himbawan untuk Masyarakat Lingga

Dihimbau kepada seluruh Desa, Kelurahan, Kecamatan, dan masyarakat Lingga untuk berhati-hati terhadap modus penipuan ini. Jika ada pihak yang mengatasnamakan Maratusholiha Nizar dan menawarkan bantuan dengan modus seperti di atas, mohon lakukan hal-hal berikut:

Baca Juga: Semangat Berbagi: Majlis Ta'lim Al-Jannah dan TP-PKK Senayang Santuni Janda Duafa

  • Lakukan cross check terlebih dahulu. Hubungi langsung Maratusholiha Nizar atau Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lingga untuk memastikan kebenaran informasi.
  • Jangan memberikan informasi apapun kepada pihak yang tidak dikenal. Terutama informasi pribadi seperti data perbankan atau nomor OTP.
  • Jangan melakukan transfer uang kepada siapapun. Bantuan dari pemerintah tidak akan pernah meminta transfer uang dari masyarakat.

Laporkan Kejadian Penipuan

Jika Anda menjadi korban penipuan ini, segera laporkan ke pihak berwajib. Anda juga dapat melapor ke Diskominfo Kabupaten Lingga melalui media sosial atau website resmi mereka.

Mari bersama-sama kita cegah penipuan dengan meningkatkan kewaspadaan dan saling berbagi informasi.

Editor: Akhlil


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x