KKP Turun Tangan! Kapal Pengawas Bantu Evakuasi Korban Erupsi Gunung Ruang

- 8 Mei 2024, 20:05 WIB
Evakuasi Pengungsi Erupsi Gunung Ruang KKP Terjunkan Kapal Pengawas
Evakuasi Pengungsi Erupsi Gunung Ruang KKP Terjunkan Kapal Pengawas /Dok. KKP/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menerjunkan dua Kapal Pengawas (KP) Hiu 15 dan Orca 06 untuk mengevakuasi dan memberikan bantuan bagi warga pengungsi erupsi Gunung Ruang Tagulandang Sitaro, Sulawesi Utara.

Langkah ini merupakan bentuk kepedulian KKP terhadap masyarakat yang terkena dampak bencana alam.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP), Pung Nugroho Saksono (Ipunk), dalam pernyataannya di Jakarta, Selasa (7/5/2024) menjelaskan, KKP hadir untuk membantu sesuai arahan Menteri Kelautan dan Perikanan (KP) Sakti Wahyu Trenggono.

"Semoga warga terdampak bisa pulih kembali dan kami bersama aparat terkait dan juga relawan berupaya semaksimal mungkin membantu evakuasi para korban yang terdampak. Kami turut prihatin atas bencana yang terjadi dan mendoakan pihak-pihak yang terkena dampak dari musibah itu untuk bersabar," ujarnya.

Baca Juga: Dimana letak Gunung Ruang: Sekilas tentang Keindahan Alam dan Kekuatan Alam yang Mengagumkan

Bantuan dan Evakuasi

Sebelumnya, Kapal Pengawas Hiu 15 telah menyalurkan bantuan ke posko bencana di Pulau Tagulandang, sebanyak 6 ton sembako, 2 ton dari KKP dan 4 ton dari PT Bintang Group dan Relawan Kemanusian Laskar Merah Putih.

KP Hiu 15 juga telah mengevakuasi total 32 orang di hari pertama, terdiri dari 19 warga dan 13 jurnalis yang meliput penanganan bencana di pulau Tagulandang. Pada hari kedua, sebanyak 24 orang dievakuasi ke Kota Bitung menggunakan KP Orca 06.

Operasi Tanggap Bencana

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini