Panna Cotta: Dessert Lezat dan Menyegarkan dari Italia, Ini Resep dan Cara Buat ala Rumahan

- 17 April 2024, 21:33 WIB
erlihat rumit? Panna Cotta justru mudah dibuat! Yuk, buat sendiri dessert kekinian yang super lembut dan menyegarkan ini!
erlihat rumit? Panna Cotta justru mudah dibuat! Yuk, buat sendiri dessert kekinian yang super lembut dan menyegarkan ini! /

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Panna Cotta, hidangan penutup klasik asal Italia, terkenal dengan teksturnya yang lembut dan creamy dengan rasa manis yang ringan. Dibuat dengan bahan-bahan sederhana seperti krim kental, gula, gelatin, dan perasa, Panna Cotta mudah dibuat dan digemari banyak orang.

Sejarah Singkat Panna Cotta

Meskipun asal-usulnya tidak pasti, Panna Cotta diyakini berasal dari wilayah Piedmont di Italia Utara. Resep Panna Cotta pertama kali muncul dalam buku masak Italia pada abad ke-19. Seiring waktu, hidangan ini menjadi populer di seluruh Italia dan kini telah mendunia.

Ciri Khas Panna Cotta

Panna Cotta memiliki beberapa ciri khas yang membuatnya berbeda dari dessert lainnya:

  • Tekstur: Tekstur Panna Cotta yang lembut dan creamy berasal dari penggunaan gelatin. Gelatin membuat Panna Cotta kokoh namun tetap meleleh di mulut.
  • Rasa: Rasa dasar Panna Cotta manis dan ringan, namun dapat dimodifikasi dengan berbagai perasa seperti vanila, kopi, coklat, atau buah-buahan.
  • Bentuk: Panna Cotta biasanya dicetak dalam cetakan kecil atau ramekin, sehingga menghasilkan bentuk yang cantik dan elegan.
  • Penyajian: Panna Cotta biasanya disajikan dingin dengan topping seperti buah segar, saus buah, atau coklat leleh.

Manfaat Menikmati Panna Cotta

Selain kelezatannya, Panna Cotta juga memiliki beberapa manfaat:

Baca Juga: Sensasi Lezat dan Sejarah Panjang: Menelusuri Asal Usul Pizza dan Resep Mudah untuk Membuatannya di Rumah

  • Sumber Protein: Gelatin dalam Panna Cotta merupakan sumber protein yang baik untuk tubuh.
  • Rendah Kalori: Panna Cotta dibuat dengan bahan-bahan yang rendah kalori, sehingga menjadi pilihan dessert yang lebih sehat dibandingkan dengan dessert lainnya.
  • Mudah Dicerna: Tekstur Panna Cotta yang lembut dan creamy membuatnya mudah dicerna, sehingga cocok untuk orang-orang dengan masalah pencernaan.

Resep Panna Cotta Sederhana

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini