Workshop KaTa Kreatif: Mendorong Inovasi dan Kolaborasi di Kabupaten Badung

- 28 April 2024, 17:10 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno meninjau produk UMKM saat Workshop KaTa Kreatif di Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (27/4/2024). Foto: Biro Komunikasi Kemenparekraf
Menparekraf Sandiaga Uno meninjau produk UMKM saat Workshop KaTa Kreatif di Kabupaten Badung, Bali, Sabtu (27/4/2024). Foto: Biro Komunikasi Kemenparekraf /

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Kabupaten Badung, Bali, menjadi saksi bisu atas langkah maju para pelaku ekonomi kreatif Indonesia. Pada hari Sabtu, 27 April 2024, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, menghadiri Workshop KaTa Kreatif yang diadakan di Kabupaten ini. Workshop ini bukan sekadar pertemuan, melainkan sebuah harapan bagi masa depan pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, khususnya di Kabupaten Badung.

Menparekraf Sandiaga Uno menyampaikan bahwa Kabupaten Badung tidak hanya kaya akan keindahan alam dan budaya, tetapi juga memiliki ekosistem yang siap untuk pariwisata dan ekonomi kreatif yang berkelanjutan. Data dari Kemenparekraf menunjukkan bahwa daerah ini merupakan salah satu yang terdepan dalam sektor ini di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara.

“Kami melihat para pelaku ekonomi kreatifnya semakin meningkat dengan adanya kolaborasi dan sinergi,” ujar Sandiaga, menegaskan pentingnya kerja sama antar pelaku industri.

Workshop ini diharapkan dapat menjadi katalisator bagi pelaku ekonomi kreatif untuk terus berinovasi dan menggarap seluruh potensi yang ada. Dengan dukungan dan fasilitasi dari Kemenparekraf, diharapkan dapat tercipta lebih banyak usaha dan lapangan kerja yang akan memperkuat ekonomi lokal dan nasional.

Baca Juga: Nyalakan Malam Anda di Shelter Café and Bar: Tempat Dugem Terpanas di Bandung!

Sandiaga Uno menekankan pentingnya semangat 3G (Gercep, Geber, Gaspol) dan 3-Si (inovasi, adaptasi, dan kolaborasi) dalam mendorong pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif. Ia mengajak seluruh pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Badung untuk tidak pernah kehilangan semangat dalam berinovasi dan berkolaborasi.

Hadir dalam acara tersebut, Direktur Pengembangan Destinasi II Kemenparekraf/Baparekraf, Oneng Setya Harini; Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali, Tjok Bagus Pemayun; serta anggota DPRD Kabupaten Badung, I Gusti Ayu Agung Inda Trimafo Yudha, yang turut mendukung dan menyaksikan komitmen kuat ini.

Kabupaten Badung, dengan segala potensinya, dipastikan dapat memberikan nilai tambah dan memperluas daya tarik wisata, tidak hanya di wilayahnya tetapi juga untuk Bali secara keseluruhan. Workshop KaTa Kreatif ini adalah langkah awal yang menjanjikan untuk mencapai tujuan tersebut. Semoga dengan adanya inisiatif seperti ini, Kabupaten Badung dapat terus berkembang menjadi pusat pariwisata dan ekonomi kreatif yang berdaya saing tinggi.

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x