Menjelajah Misteri dan Legenda Gunung Muria: Jejak Sunan Muria dan Keindahan Tersembunyi

- 29 Maret 2024, 22:19 WIB
Jepara Tahun 1650 dengan latar belakang Gunung Muria
Jepara Tahun 1650 dengan latar belakang Gunung Muria /Ilustrasi Istimewa/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Gunung Muria, sebuah gunung bertipe stratovolcano yang terletak di pantai utara Jawa Tengah, menyimpan banyak cerita menarik. Dari legenda dan sejarah, hingga pendakian dan pemandangan yang memukau, gunung ini menawarkan pengalaman yang tak terlupakan bagi para pengunjungnya.

Fakta-fakta menarik tentang Gunung Muria:

 

Gunung Muria: Legenda Pulau yang Tersapu Waktu

Di balik pesonanya sebagai gunung bersejarah, Gunung Muria menyimpan legenda menarik yang jarang diketahui. Dahulu kala, gunung ini bukan bagian dari Pulau Jawa, melainkan sebuah pulau tersendiri yang bernama Pulau Muria.

Pulau Muria dipisahkan dari Jawa oleh Selat Muria, sebuah jalur maritim yang ramai dilalui oleh para pedagang rempah-rempah dari Timur Tengah menuju Maluku. Selat ini menjadi saksi bisu kejayaan perdagangan rempah-rempah di Nusantara.

Menurut legenda, Pulau Muria terhubung dengan daratan Jawa melalui sebuah peristiwa geologi dahsyat. Letusan gunung berapi yang dahsyat menyebabkan tanah runtuh dan menyatukan pulau dengan daratan Jawa.

Legenda ini masih dilestarikan oleh masyarakat sekitar Gunung Muria dan menjadi bagian dari cerita rakyat yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Bukti Sejarah

Terdapat beberapa bukti sejarah yang mendukung legenda ini, salah satunya adalah peta kuno yang menunjukkan keberadaan Selat Muria. Peta ini dibuat oleh Tome Pires, seorang pelaut Portugis yang mengunjungi Jawa pada abad ke-16.

Selain itu, ditemukan pula beberapa peninggalan sejarah di sekitar Gunung Muria yang menunjukkan adanya aktivitas maritim di masa lampau. Peninggalan ini seperti jangkar kapal kuno dan pecahan keramik yang berasal dari berbagai negara.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini