Jelajahi Jejak Sejarah Memukau di Pulau Penyengat Inderasakti

- 25 April 2024, 10:00 WIB
Masjid Sultan Riau di Pulau Penyengat
Masjid Sultan Riau di Pulau Penyengat /Istimewa

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Terletak di sebelah barat Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, Pulau Penyengat Inderasakti menyimpan pesona sejarah yang kaya dan menarik. Dikenal dengan berbagai nama oleh bangsa Eropa, pulau ini pernah menjadi pusat pemerintahan Kesultanan Riau dan memainkan peran penting dalam sejarah Melayu. Mari kita telusuri lebih dalam jejak gemilang Pulau Penyengat Inderasakti!

Menelusuri Jejak Nama Pulau Penyengat

Nama "Penyengat" sendiri memiliki cerita unik. Konon, nama ini berasal dari sengatan hewan berbisa, seperti tembuan atau tabuhan, yang pernah menyerang seorang anak buah kapal (ABK) saat mengambil air di pulau ini. Sengatan tersebut membuat ABK tersebut pingsan, dan berdasarkan peristiwa inilah masyarakat menamakan pulau ini "Pulau Penyengat".

Menariknya, pulau ini memiliki berbagai nama lain dalam bahasa asing. Orang Inggris menyebutnya "the island of Mars" atau "Peningat of Mars", menambahkan nuansa misteri dan eksotis. Sedangkan orang Belanda menyebutnya "Peningat" atau "Penjengat".

Pusat Peradaban Melayu yang Gemilang

Pulau Penyengat Inderasakti pernah menjadi saksi bisu kejayaan Kesultanan Riau. Di bawah kepemimpinan Sultan Mahmud Riayat Syah, pulau ini menjelma menjadi pusat peradaban Melayu yang gemilang. Berbagai infrastruktur megah didirikan, seperti istana, jalan, dan taman. Bahkan, pulau ini menjadi tempat pernikahan Sultan Mahmud Riayat Syah dengan Engku Puteri Raja Hamidah, yang menjadi simbol cinta sejati mereka berdua.

Baca Juga: Masjid Sokambang: Dari Tempat Persinggahan Raja Hingga Masjid Bersejarah di Jantung Sumenep

Bukti Kemegahan Masa Lalu

Hingga saat ini, Pulau Penyengat Inderasakti masih menyimpan bukti kemegahan masa lalunya. Pengunjung dapat melihat Masjid Sultan Riau yang megah, Istana Kantor, dan kompleks pemakaman raja-raja Riau. Keindahan arsitektur dan peninggalan sejarah di pulau ini menjadi daya tarik utama bagi wisatawan yang ingin merasakan atmosfer kejayaan Kesultanan Riau.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah