Tradisi dan Pariwisata: Perlombaan Perahu Layar Jong Warnai Hari Bhayangkara ke-78 di Kepri

- 28 Juni 2024, 21:32 WIB
Lomba Perahu Layar Jong Kapolda Kepri Cup Warnai Peringatan Hari Bhayangkara Ke-78
Lomba Perahu Layar Jong Kapolda Kepri Cup Warnai Peringatan Hari Bhayangkara Ke-78 /Dok Humas Polri/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara ke-78, Polda Kepulauan Riau (Kepri) mengadakan berbagai acara perlombaan, termasuk Perlombaan Perahu Layar Jong Kapolda Kepri Cup. Acara ini berlangsung pada Rabu, 26 Juni 2024, di Pantai Senja Batu Besar Nongsa dan diikuti oleh 75 peserta dengan total 150 perahu.

Perlombaan ini dihadiri oleh berbagai tokoh penting, termasuk Kapolda Kepri Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, Wakapolda Kepri Brigjen. Pol. Asep Safrudin, Pejabat Utama Polda Kepri, Danlantamal IV Batam Laksamana Pertama TNI Tjatur Soniarto, Dandim 0316 Batam Letkol Inf Galih Bramantyo, Danlanud Hangnadim Batam Letkol Pnb Betya Lukman Madyana, Wakapolresta Barelang Akbp Syafrudin Semidang Sakti, Pejabat Utama Polresta Barelang, Kapolsek Nongsa Kompol Restia Octane Guchy, serta tokoh masyarakat dan agama setempat.

Perlombaan Perahu Layar Jong Kapolda Kepri Cup ini merupakan salah satu dari berbagai acara yang digelar oleh Polda Kepri untuk memperingati Hari Bhayangkara ke-78. Perlombaan ini bertujuan untuk melestarikan tradisi budaya maritim, mempererat silahturahmi dan kebersamaan, serta mempromosikan pariwisata Kepri. Acara ini berlangsung pada hari Rabu, 26 Juni 2024.

 

Kapolda Kepri, Irjen. Pol. Drs. Yan Fitri Halimansyah, dalam sambutannya menyatakan bahwa perlombaan ini bertujuan untuk melestarikan tradisi budaya maritim, mempererat kebersamaan, serta mempromosikan pariwisata di Kepulauan Riau.

"Kita patut bersyukur masih dapat melaksanakan tradisi budaya maritim ini. Perlombaan ini bukan hanya untuk diperlombakan, tetapi juga untuk dilestarikan. Perlombaan ini diharapkan dapat menjadi agenda tahunan dan dapat menarik wisatawan ke Kepri. Untuk para peserta yang akan bertanding agar dapat menjunjung tinggi sportifitas dan menunjukkan kemampuan terbaik yang dimiliki," ujar Kapolda.

Baca Juga: Dari Ibu Rumah Tangga Jadi Pengusaha Kuliner: 60 Perempuan Tanjungpinang Raih Impian Berwirausaha

Perlombaan ini dimulai dengan pelepasan perahu jong oleh Kapolda Kepri dan para tamu undangan. Sebelum perlombaan dimulai, acara diawali dengan penyerahan 10 life jacket kepada perwakilan nelayan masyarakat setempat dan pelaksanaan doorstop oleh Kapolda Kepri, diikuti dengan foto bersama.

Perwakilan tokoh masyarakat, Haji Halimun, menyampaikan terima kasih kepada Kapolda Kepri beserta jajarannya atas terselenggaranya perlombaan ini. Ia menyatakan bahwa warga Nongsa sangat senang dengan diadakannya acara ini dan berharap dapat menjadi ajang silaturahmi yang mempererat persatuan antar warga.

"Kami merasa bangga bahwa kampung kami menjadi ramai dengan diadakannya perlombaan layar jong ini. Mudah-mudahan acara ini dapat menjadi ajang silaturahmi dan mempererat persatuan dan kesatuan antar warga," ucap Haji Halimun.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah