Tanjungpinang Menuju Bebas Kemiskinan: TKPKD Gelar Rapat Koordinasi Strategis

- 28 Juni 2024, 20:00 WIB
Tanjungpinang Bersatu Lawan Kemiskinan! TKPKD Gelar Rapat Koordinasi
Tanjungpinang Bersatu Lawan Kemiskinan! TKPKD Gelar Rapat Koordinasi /Dok Pemko Tanjungpinang/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Tim Koordinasi Penanggulangan Kemiskinan Daerah (TKPKD) Kota Tanjungpinang menggelar rapat koordinasi di Kantor Bappelitbang Kota Tanjungpinang, Kamis (27/6/2024). Rapat yang dipimpin Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tanjungpinang, Zulhidayat,S.Hut, ini dihadiri oleh kepala OPD, lurah, BPS, dan berbagai pemangku kepentingan terkait.

Zulhidayat dalam sambutannya menyampaikan bahwa penanggulangan kemiskinan di Tanjungpinang membutuhkan kerja sama yang baik dan berkelanjutan dari berbagai pihak.

"Saya mengapresiasi kinerja tim dan berharap TKPKD ini terus fokus dan bersinergi dalam upaya menurunkan angka kemiskinan di kota kita," ujar Zulhidayat.

Ia juga mengingatkan pentingnya peningkatan akurasi data sasaran penduduk miskin di Tanjungpinang.

"Data yang akurat menjadi kunci utama dalam merumuskan kebijakan dan program penanggulangan kemiskinan yang tepat sasaran," tegas Zulhidayat.

Baca Juga: Tim Damkar Gorontalo Evakuasi Warga Terdampak Banjir

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bappelitbang Kota Tanjungpinang, Riono, memaparkan beberapa kebijakan dan strategi pemerintah pusat dan daerah untuk penanganan kemiskinan.

Kebijakan tersebut antara lain:

  • Penurunan pengeluaran: melalui program bantuan sosial, subsidi, dan jaminan sosial.
  • Peningkatan pendapatan: melalui program pemberdayaan UMKM, pengembangan ekonomi lokal, dan akses pekerjaan.
  • Minimalisir kantong kemiskinan: dengan meningkatkan akses pelayanan dasar, mendorong konsolidasi program, dan meningkatkan peran pemerintah daerah dan pemangku kepentingan.

"Rapat ini diharapkan dapat menghasilkan langkah-langkah konkret dalam upaya penanggulangan kemiskinan di Kota Tanjungpinang, dengan target penurunan angka kemiskinan yang signifikan di masa depan," ucap Riono.

Halaman:

Editor: Husni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah