Presiden Jokowi: Upacara Kemerdekaan 17 Agustus Digelar di Dua Tempat

- 13 Juni 2024, 08:00 WIB
Presiden Jokowi Menyampaikan Keterangan Pers Usai Tinjau Posyandu Terintegrasi RW 02 Cipete Utara, Selasa (11/6/2024)
Presiden Jokowi Menyampaikan Keterangan Pers Usai Tinjau Posyandu Terintegrasi RW 02 Cipete Utara, Selasa (11/6/2024) /BPMI Setpres/Muchlis Jr/infopublik.id

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan bahwa upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 akan dilaksanakan di dua lokasi, yaitu Ibu Kota Nusantara (IKN) dan Istana Negara Jakarta.

Pengumuman ini disampaikan setelah Presiden meninjau Posyandu Terintegrasi RW 02 Cipete Utara, Provinsi DKI Jakarta, Selasa (11/6/2024), sebagaimana dikutip dari setkab.go.id.

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa keputusan ini diambil seiring dengan masa transisi perpindahan ibu kota negara dari Jakarta ke IKN Nusantara.

"Ini kan masa transisi, masa transisi dari Jakarta menuju ke IKN Nusantara, agar ada perjalanan menuju pindahnya itu kelihatan, jadi di sini tetap dilakukan, di sana tetap dilakukan," ujar Presiden.

Lebih lanjut, Presiden menyebutkan bahwa jika sudah ada keputusan dari Presiden yang baru mengenai perpindahan ibu kota, upacara peringatan kemerdekaan akan sepenuhnya dilakukan di IKN Nusantara.

Baca Juga: Polisi Dalami Penyebab Kebakaran KM Umsini, Tim Labfor dan Inafis Olah TKP

"Nah, tahun depan kalau sudah ada keputusan Presiden mengenai perpindahan, baru nanti di IKN saja. Termasuk juga urusan yang berkaitan dengan mobilisasi transportasi, akomodasi itu tidak mudah, ya," tambahnya.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menjelaskan skema perayaan upacara HUT RI pada 17 Agustus yang akan diadakan di Istana Jakarta dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Menurut Muhadjir, upacara di IKN akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo, sementara di Jakarta akan dipimpin oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

"Sebagian di IKN sebagian di sini, Pak Presiden yang mimpin (di IKN), Pak Wapres yang (mimpin) di sini," kata Muhadjir kepada wartawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (10/6/2024).

Halaman:

Editor: Husni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini