Terbongkar! Upaya Penyelundupan Balpres dari Malaysia Digagalkan TNI

- 10 Mei 2024, 10:01 WIB
Aparat TNI berhasil menggagalkan penyelundupan barang illegal berupa lima karung kain bekas (Balpres) dari Malaysia dengan tujuan Pulau Sebatik
Aparat TNI berhasil menggagalkan penyelundupan barang illegal berupa lima karung kain bekas (Balpres) dari Malaysia dengan tujuan Pulau Sebatik /

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Personel TNI berhasil menggagalkan upaya penyelundupan barang ilegal berupa lima karung kain bekas (Balpres) dari Malaysia yang ditujukan ke Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Menurut informasi yang diterima redaksi InfoPublik pada Kamis (9/5/2024), pada tanggal 6 Mei 2024 pukul 20.05 WITA, Satgas Catur Bais TNI di Sebatik mendapatkan informasi dari agen terkait adanya upaya penyelundupan Balpres melalui jalur tikus di Desa Sungai Limau, Kecamatan Sebatik Utara.

Menindaklanjuti informasi tersebut, pada pukul 23.00 WITA, Satgas Catur Bais TNI berkoordinasi dengan Satgas Pamtas RI-Malaysia Batalyon Artileri Pertahanan Udara (Yon Arhanud 8/MBC) dan SGI Kodam VI/Mlw untuk membentuk Tim Gabungan TNI.

Tim ini kemudian melakukan patroli di sepanjang perbatasan RI-Malaysia, khususnya di jalur tikus antara Desa Aji Kuning dan Desa Sungai Limau yang kerap digunakan para pelaku usaha ilegal.

Baca Juga: Whoosh Padalarang-Bandung Jadi Pilihan Utama Libur Panjang, Ini Kelebihannya!

Upaya tim membuahkan hasil pada Selasa (7/5/2024) pukul 02.45 WITA. Tim Sebatik Satgas Catur bersama Satgas Pamtas RI-Malaysia Yon Arhanud 8/MBC dan SGI Kodam VI/Mlw berhasil menggagalkan penyelundupan lima karung Balpres tersebut.

Operasi ini melibatkan personel dari tim Sebatik Satgas Catur TNI (Letda Laut (KH) Suyanto dan Sertu Wibisono) serta Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarhanud 8/MBC dan SGI Kodam VI/MLW.

Penggagalan penyelundupan Balpres ini merupakan bukti komitmen TNI dalam menjaga kedaulatan negara dan melindungi masyarakat dari peredaran barang ilegal. Balpres, yang merupakan singkatan dari "ballpress", adalah pakaian bekas yang dipadatkan menjadi balok.

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini