Belasan Ribu Peserta Pawai Taaruf Ramaikan MTQH Ke-X Kepri di Batam

- 20 Mei 2024, 20:00 WIB
Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad Lepas Peserta Pawai Ta'aruf MTQH Ke-X di Batam
Gubernur Kepri H. Ansar Ahmad Lepas Peserta Pawai Ta'aruf MTQH Ke-X di Batam /Pemprov Kepri/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), H. Ansar Ahmad, resmi melepas peserta Pawai Ta'aruf dalam rangka Pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur'an dan Hadis (MTQH) Ke-X Tingkat Provinsi Kepulauan Riau. Upacara pelepasan yang berlangsung di Simpang Martabak Har ini berakhir di Nagoya Thamrin City (NTC), Kota Batam, 20 Mei 2024.

Gubernur Ansar Ahmad didampingi oleh Ketua TP-PKK Provinsi Kepri Dewi Kumalasari Ansar, Wakil Gubernur Kepri Marlin Agustina, dan Walikota Batam Muhammad Rudi. Sebagai Inspektur Pawai Ta'aruf, Gubernur Ansar melepas secara resmi kafilah dari seluruh kabupaten dan kota di Kepri.

Kebanggaan dan Harapan Gubernur Ansar

Gubernur Ansar Ahmad mengungkapkan rasa bangganya terhadap semangat dan dedikasi para kafilah yang berpartisipasi dalam acara ini.

"Kegiatan ini bukan hanya tentang kompetisi, tetapi juga tentang bagaimana kita, sebagai umat beragama, dapat berkolaborasi untuk menciptakan masyarakat yang lebih baik melalui nilai-nilai yang terkandung dalam Al-Qur’an dan Hadits," ujarnya.

Gubernur Ansar juga menyampaikan rasa hormat dan kebanggaannya kepada para peserta MTQH. Menurutnya, para peserta adalah generasi penerus yang akan membawa estafet pembangunan karakter bangsa melalui nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Al-Qur'an dan Hadits.

"Saya berharap, melalui ajang ini, kita semua dapat mengambil hikmah dan pelajaran untuk senantiasa mengamalkan ajaran-ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita jadikan MTQH ini sebagai wadah untuk saling bertukar ilmu dan pengalaman, serta mempererat tali silaturahmi antar umat," tambahnya.

Baca Juga: Replika Rekor MURI dan Tudung Manto Kafilah dari Lingga Curi Perhatian Pada Pawai Taaruf MTQ ke-X Kepri

Kemeriahan Pawai Ta'aruf

Pawai Ta'aruf kali ini berlangsung dengan sangat meriah. Setiap kafilah dari masing-masing kabupaten dan kota di Kepri menampilkan keunikan dan ciri khas daerah mereka.

  • Kota Tanjungpinang: Mengawali pawai dengan tim yang mencapai 600 orang, tampil menarik dengan atraksi drama, hiburan marching band, dan kendaraan hias berbentuk kapal.
  • Kabupaten Lingga: Menurunkan 90 peserta yang terdiri dari kafilah, official, dan pendamping, serta mencuri perhatian dengan tim marching band dan kendaraan hias.
  • Kabupaten Natuna: Dipimpin oleh Sudirman, rombongan ini terdiri dari 52 kafilah dan lebih dari 240 peserta lainnya, menampilkan pertunjukan yang memukau.
  • Kabupaten Anambas: Tampil menarik dengan 350 orang yang meramaikan pawai, termasuk pasukan drum band, pembawa bunga panggar, dan kendaraan hias berbentuk masjid.
  • Kabupaten Karimun: Dengan 700 peserta, menampilkan marching band dari Gema Karimun dan drum band, serta memberikan tanjak kehormatan kepada Gubernur Ansar.
  • Kabupaten Bintan: Menurunkan 1.112 peserta dengan berbagai atraksi dan penampilan seni.
  • Kota Batam: Sebagai tuan rumah, Batam menurunkan tim besar dengan 10.000 peserta yang mencuri perhatian tamu undangan dan masyarakat.

Penutup dan Harapan

Seluruh peserta kafilah pawai ta'aruf berjalan kurang lebih satu kilometer dari Simpang Martabak Har melewati simpang lampu merah Penuin hingga finis di NTC Nagoya, Kota Batam. Acara ini tidak hanya menjadi ajang kompetisi, tetapi juga momentum untuk mempererat tali silaturahmi dan berbagi ilmu serta pengalaman antar umat Islam di Provinsi Kepri. Gubernur Ansar berharap agar semangat kebangkitan dan kebersamaan yang terjalin dalam MTQH ini dapat terus terpelihara dan ditingkatkan di masa mendatang.

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini