Menelusuri Jejak Biografi Prabowo Subianto: Dari Militer hingga Menteri Pertahanan

- 26 April 2024, 22:00 WIB
Presiden terpilih Prabowo Subianto menyampaikan keterangan pers usai mengikuti rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih Pemilu 2024 di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Rabu, 24 April 2024.
Presiden terpilih Prabowo Subianto menyampaikan keterangan pers usai mengikuti rapat pleno terbuka penetapan pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden terpilih Pemilu 2024 di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jakarta, Rabu, 24 April 2024. /Antara/Aprillio Akbar/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Prabowo Subianto adalah seorang politisi, pengusaha, dan mantan petinggi militer Indonesia. Lahir pada 17 Oktober 1951 di Jakarta, Prabowo memiliki latar belakang keluarga yang terlibat dalam dunia ekonomi dan politik Indonesia.

Pada Pemilu 2019, ia diusung oleh Partai Gerindra sebagai Calon Presiden Republik Indonesia, meskipun sebelumnya telah gagal dalam pemilu 2004, 2009, dan 2014. Prabowo memiliki banyak kontroversi, terutama semasa berkarier di militer.

Biodata Prabowo Subianto

  • Nama: Prabowo Subianto Djojohadikusumo
  • Lahir: Jakarta, 17 Oktober 1951
  • Orang Tua: Prof. Soemitro Djojohadikusumo (ayah), Dora Marie Sigar (ibu)
  • Istri: Siti Hediati Hariyadi (Mantan)
  • Anak: Didiet Prabowo
  • Profesi: Pengusaha, Politikus, Mantan Petinggi Militer

Biografi Prabowo Subianto

Prabowo Subianto adalah seorang politisi, pengusaha, dan mantan petinggi militer Indonesia. Lahir pada 17 Oktober 1951 di Jakarta, Prabowo memiliki latar belakang keluarga yang terlibat dalam dunia ekonomi dan politik Indonesia.

Pada Pemilu 2019, ia diusung oleh Partai Gerindra sebagai Calon Presiden Republik Indonesia, meskipun sebelumnya telah gagal dalam pemilu 2004, 2009, dan 2014. Prabowo memiliki banyak kontroversi, terutama semasa berkarier di militer.

Baca Juga: Prabowo Kunjungi Museum SBY di Pacitan, Bahas Hasil Pilpres 2024

Masa Kecil dan Hidup Berpindah-Pindah

Prabowo bersekolah di berbagai negara karena gejolak politik di Indonesia pada masa itu. Ayahnya, Prof. Soemitro, dikaitkan dengan pemberontakan PRRI pada 1957, yang membuat keluarga Prabowo harus mengungsi ke luar negeri. Setelah beberapa tahun berpindah-pindah, Prabowo kembali ke Indonesia dan masuk sekolah militer.

Karir Militer dan Kontroversi

Setelah lulus dari Akademi Militer Magelang pada tahun 1974, Prabowo terlibat dalam berbagai operasi militer, termasuk di Timor Timur. Namun, ia juga terlibat dalam sejumlah kontroversi, termasuk dugaan penculikan aktivis pro-reformasi pada tahun 1997 dan kasus pelanggaran HAM di Timor Timur pada tahun 1990-an.

Dari Pengusaha Kertas hingga Dunia Politik

Setelah berhenti dari militer, Prabowo menjadi seorang pengusaha. Usahanya di bidang kertas berkembang pesat dan menghasilkan kekayaan yang besar. Ia kembali ke dunia politik dengan mendirikan Partai Gerindra dan mencalonkan diri sebagai calon presiden pada beberapa pemilihan presiden.

Menteri Pertahanan dan Calon Presiden 2024

Pada tahun 2019, Prabowo diangkat menjadi Menteri Pertahanan Indonesia oleh Presiden Joko Widodo. Pada tahun 2023, ia kembali mencalonkan diri sebagai calon presiden, kali ini bersama Gibran Rakabuming Raka sebagai calon wakil presiden.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x