Bangunan Tua di Tengah Kota Dabo Singkep, Jejak Pertambangan Timah Butuh Sentuhan

- 7 Mei 2024, 18:56 WIB
Salah satu bangunan (bekas bengkel PT Timah) di kawasan Implasement Dabo Singkep, Kabupaten Lingga
Salah satu bangunan (bekas bengkel PT Timah) di kawasan Implasement Dabo Singkep, Kabupaten Lingga /Dito/kutipan.co

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Di tengah Kota Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau, terhampar kisah kejayaan dan kejatuhan sebuah industri raksasa - PT Timah. Sisa-sisa kejayaannya masih terukir dalam sejumlah bangunan-bangunan peninggalan PT Timah. Salah satu bangunan yang perlu sentuhan bekas bengkel PT Timah yang berada di kawasan Implasement Dabo Singkep, bangunan itu bak saksi bisu era keemasan ekstraksi timah dan kemajuan teknologi di wilayah Lingga pada masa lampau.

Era Keemasan dan Jejak Industri Pertambangan

PT Timah bagaikan denyut nadi bagi Dabo Singkep pada masa lampau. Operasi pertambangannya menjadi tulang punggung ekonomi lokal, mengantarkan wilayah ini menuju kemajuan pesat. Teknologi pertambangan timah yang mutakhir diimplementasikan, menandai era baru di kepulauan tersebut kala itu.

Namun, bagaikan roda yang berputar, kejayaan ini tidak bertahan selamanya. Penutupan operasi PT Timah meninggalkan luka mendalam bagi Dabo Singkep. Bangunan-bangunan megah yang dulunya menjadi saksi bisu industri raksasa ini, kini terbengkalai, diselimuti kabut waktu dan dihiasi vegetasi liar.

Sisa Kejayaan: Bangunan Eks PT Timah di Kawasan Implasmen

Salah satu bangunan yang masih berdiri usang ditelan waktu yang tersisa dikawasan perkantoran PT Timah (saat ini dikenal dengan kawasan Implasemen Timah) yakni bangunan bengkel, kala itu bangunan ini salah satu bangunan yang vital bagi operasi PT Timah di Dabo Singkep, kini, kondisinya memprihatinkan.

Bekas bengkel itu, dominasi reruntuhan, atap yang menganga terkoyak, dinding bangunan itu dirambat dan gerogoti vegetasi liar yang merajalela mengerubungi, siapa yang melihat pasti bergedik betapa tidak terawatnya bangunan yang berada di tengah-tengah pusat kota Dabo Singkep itu.

Apalagi secara estetika, bangunan itu berada tepat ditengah pusat keramaian, bahkan lokasi bekas kawasan perkantoran PT Timah itu saat ini selalu ramai aktivitas masyarakat seperti senam, jogging, bersepeda dan beberapa olahraga ringan lainnya beraktivitas di kala sore.

Baca Juga: Menyibak Kehidupan di Singkep: Dari Tambang Timah hingga Jalur Trem Penumpang

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini