Kabar Gembira! Kemendikbudristek Rekrut 40.541 ASN, Ayo Siap-siap Pantau Terus Syaratnya

- 2 April 2024, 08:30 WIB
Menteri Dikbudristek Nadiem Anwar Makarim
Menteri Dikbudristek Nadiem Anwar Makarim /Dok. Menpan/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyerahkan izin formasi sebanyak 40.541 calon Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Formasi tersebut terdiri atas 15.462 Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dan 25.079 Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menjelaskan bahwa penyerahan izin formasi ini merupakan bagian dari upaya penuntasan tenaga non-ASN/honorer di seluruh unit kerja Kemendikbudristek. Selain itu, formasi ini juga untuk memenuhi kebutuhan SDM di lingkungan perguruan tinggi, termasuk para dosen, dan penempatan di Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Tahun ini sesuai arahan Bapak Presiden, formasi untuk dosen diharapkan bisa optimal. Sudah kami diskusikan detil dengan Pak Nadiem Makarim, termasuk kami memberi saran soal beberapa teknis seleksi agar bisa menyerap jumlah formasi dosen secara optimal,” ujar Anas.

Menteri Nadiem Anwar Makarim menyampaikan apresiasi atas dukungan Kementerian PANRB dalam berbagai upaya penataan manajemen SDM sektor pendidikan. Nadiem secara khusus menyoroti pentingnya penyelesaian tenaga non-ASN/honorer dan pemenuhan kebutuhan formasi di perguruan tinggi negeri yang sudah sangat mendesak.

“Kebutuhan memang sudah cukup darurat ya kebutuhan kita untuk formasi dosen. Jadi ini akan sangat membantu meningkatkan kualitas pendidikan tinggi kita dan juga meningkatkan kualitas kinerja kementerian kita juga,” pungkasnya.

Informasi Penting:

  • Kemendikbudristek menerima 40.541 formasi ASN untuk tahun 2024.
  • Formasi tersebut terdiri atas 15.462 CPNS dan 25.079 PPPK.
  • Fokusnya adalah untuk menyelesaikan tenaga non-ASN/honorer, memenuhi kebutuhan guru dan tenaga kesehatan, serta talenta baru.
  • Kebutuhan dosen di perguruan tinggi negeri juga menjadi prioritas.
  • Formasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas pendidikan tinggi dan kinerja Kemendikbudristek.

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini