Ridwan Kamil Terpesona dengan Arsitektur Masjid Sultan Riau dan Gurindam Dua Belas

- 1 April 2024, 20:31 WIB
Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad bersama Gubernur Jawa Barat 2018-2023 Ridwan Kamil berkunjung ke Pulau Penyengat.
Gubernur Kepulauan Riau H. Ansar Ahmad bersama Gubernur Jawa Barat 2018-2023 Ridwan Kamil berkunjung ke Pulau Penyengat. /Dok. Pemprov Kepri/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Gubernur Jawa Barat 2018-2023 Ridwan Kamil atau Kang Emil terpesona dengan arsitektur Masjid Raya Sultan Riau dan Gurindam Dua Belas saat berkunjung ke Pulau Penyengat bersama Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad pada Minggu (31/3/2024).

Menjelajahi Keindahan Pulau Penyengat

Setibanya di Pulau Penyengat, Kang Emil dan Gubernur Ansar langsung menunaikan ibadah sholat Zuhur berjamaah di Masjid Sultan Riau. Kang Emil kemudian terkagum-kagum dengan keindahan arsitektur masjid yang dibangun tahun 1803 ini, terutama setelah mengetahui bahwa salah satu bahan campurannya adalah putih telur.

Kang Emil juga mengunjungi Rumah Sotoh di pelataran Masjid Sultan Riau untuk melihat pameran Kitab dan Mushaf Al Qur'an dalam Kutubkhanah Marhum Ahmadi.

Selanjutnya, Kang Emil berziarah ke makam Raja Ali Haji dan Raja Haji Fisabilillah, mempelajari perjuangan dua pahlawan nasional tersebut. Kunjungannya di Pulau Penyengat ditutup dengan meninjau Balai Adat dan melihat rancangan pembangunan Monumen Bahasa Nasional yang dipaparkan oleh Gubernur Ansar.

Kekaguman Kang Emil terhadap Pulau Penyengat

Kang Emil, yang baru pertama kali mengunjungi Pulau Penyengat, mengaku terkesima dengan kekayaan budaya dan warisan Melayu di pulau tersebut, terutama Gurindam Dua Belas karya Raja Ali Haji.

Baca Juga: Menelusuri Jejak Sejarah Sultanah Embung Fatimah di Pulau Penyengat

"Ternyata akar bahasa persatuan kita, bahasa Indonesia, berasal dari sini," kata Kang Emil.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini