Warisan Leluhur: Menelusuri Jejak Sejarah Lewat Senjata Tradisional Kepulauan Riau

- 1 April 2024, 15:45 WIB
Mengintip Kegagahan Senjata Tradisional Kepulauan Riau
Mengintip Kegagahan Senjata Tradisional Kepulauan Riau /Dok. Disbud Kepri/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Kepulauan Riau, selain terkenal dengan keindahan alamnya, juga memiliki kekayaan budaya yang patut dijaga. Salah satunya adalah senjata tradisional yang tak hanya menjadi alat pertahanan, tapi juga lambang keberanian dan kepemimpinan.

Mari kita simak beberapa senjata khas Kepulauan Riau yang gagah perkasa ini:

1. Pedang Jenawi: Senjata Para Panglima

Para panglima perang Kepulauan Riau terdahulu kerap menggunakan pedang jenawi sebagai senjata utama mereka. Senjata ini memiliki bilah panjang, bisa mencapai satu meter, sehingga cocok untuk pertempuran jarak dekat maupun adu pukul. Gengsi dan wibawa seorang panglima pun turut terpancar dari kilauan pedang jenawi yang gagah.

2. Klewang: Andalan Prajurit Melayu

Klewang adalah senjata tradisional lain yang banyak digunakan prajurit Melayu di Kepulauan Riau. Bentuknya mirip golok, namun dengan ujung bilah yang melebar. Klewang efektif untuk menangkis serangan musuh ataupun menebas dalam pertempuran jarak pendek yang intens.

Baca Juga: Sejarah Singkat Kabupaten Bintan: Kejayaan Kesultanan Riau Lingga hingga Menjadi Destinasi Wisata Terkenal

3. Tumbuk Lada: Elegan dan Mematikan

Tumbuk Lada sekilas terlihat seperti belati dengan ukiran indah. Keunikannya terletak pada pangkal sarung yang memiliki tonjolan bundar berhias ukiran rumit. Sarungnya pun kerap dilapisi perak dengan motif yang menambah kesan elegan.

Halaman:

Editor: Akhlil


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah