Misteri Batu Senuyung Natuna: Legenda Menegangkan tentang Kasih Ibu dan Burung Tiung

- 2 April 2024, 12:00 WIB
Batu Senuyung: Saksi Bisu Keteguhan Hati Ibu dan Burung Tiung yang Baik Hati
Batu Senuyung: Saksi Bisu Keteguhan Hati Ibu dan Burung Tiung yang Baik Hati /Disbud Natuna/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Di pesisir pantai Natuna, terdapat sebuah batu besar bernama Batu Senuyung. Batu ini menyimpan legenda menegangkan tentang seorang ibu dan anaknya yang terpisahkan oleh alam.

Awal Mula Kejadian

Legenda ini bermula dari seorang ibu yang sedang mencari ikan di pantai. Ia membawa anaknya yang masih kecil dan menaruhnya di atas sebuah batu yang rendah saat itu. Tanpa disadari, air laut mulai pasang dan batu tempat anaknya duduk perlahan-lahan terangkat semakin tinggi.

Sang Ibu yang Keasyikan dan Teriakan Minta Tolong

Terlena dengan banyaknya ikan yang terperangkap racun, sang ibu tak menyadari anaknya yang terancam bahaya. Sang anak pun terus berteriak minta tolong, "Mak... mak... ambik aku!". Namun, teriakannya tak dihiraukan karena sang ibu terlalu fokus pada ikan.

Pertolongan yang Datang

Setelah air pasang surut, barulah sang ibu sadar bahwa anaknya tak ada di tempatnya. Ia panik dan melihat ke atas batu, di mana anaknya terduduk ketakutan. Sang ibu menjerit minta tolong, namun tak ada seorang pun di sekitarnya.

Baca Juga: Kuah Tige, Makanan Pengganti Beras di Musim Utara di Natuna

Batu Senuyung: Saksi Bisu Keteguhan Hati Ibu dan Burung Tiung yang Baik Hati
Batu Senuyung: Saksi Bisu Keteguhan Hati Ibu dan Burung Tiung yang Baik Hati

Tiba-tiba, seekor burung elang terbang di atas batu. Sang ibu memohon bantuannya dengan menjanjikan hadiah. Namun, burung elang tak menghiraukannya. Tak lama kemudian, seekor burung tiung besar muncul. Sang ibu kembali memohon pertolongan dan kali ini, burung tiung bersedia membantu.

Burung Tiung yang Baik Hati dan Hadiah dari Sang Ibu

Dengan gagah berani, burung tiung terbang ke atas batu dan membawa anak tersebut turun ke tempat yang aman. Sang ibu sangat bersyukur dan sebagai tanda terima kasih, ia memberikan kalung dan anting kepada burung tiung.

Legenda yang Diabadikan dan Pesan Moral

Legenda Batu Senuyung ini masih diceritakan oleh penduduk setempat hingga saat ini. Cerita ini tak hanya menghibur, tetapi juga mengandung pesan moral penting tentang kasih ibu, bahaya kelalaian, dan pentingnya pertolongan.

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini