101 Camat, Kades dan Lurah se-Kepri Diberikan Medali Anubawa Sasana, Dirjen Imigrasi Menaruh Harap

- 14 Mei 2024, 15:54 WIB
Peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum Se-Provinsi Kepulauan Riau, Pengukuhan Gugus Tugas Daerah Bisnis Dan HAM dan Pengukuhan Desa Binaan Imigrasi Kepulauan Riau Tahun 2024 berempat di Aula Wan Seri Beni Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, pada Selasa (14/5/2024)
Peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum Se-Provinsi Kepulauan Riau, Pengukuhan Gugus Tugas Daerah Bisnis Dan HAM dan Pengukuhan Desa Binaan Imigrasi Kepulauan Riau Tahun 2024 berempat di Aula Wan Seri Beni Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, pada Selasa (14/5/2024) /Rey/Kanwil Kemenkumham Kepri

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Sebanyak 101 Camat, Lurah dan Kepala Desa (Kades) se Kepulauan Riau mendapat mendali penghargaan anubawa Sasana Desa/Kelurahan Sadar Hukum dan Piagam Desa Binaan Imigrasi.

Penyerahan medali dan piagam penghargaan itu disejalankan dengan Peresmian Desa/Kelurahan Sadar Hukum Se-Provinsi Kepulauan Riau, Pengukuhan Gugus Tugas Daerah Bisnis Dan HAM dan Pengukuhan Desa Binaan Imigrasi Kepulauan Riau Tahun 2024 berempat di Aula Wan Seri Beni Kantor Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, pada Selasa (14/5/2024).

Kegiatan itu dihadiri langsung oleh Kepala Badan Pembinaan Hukum Nasional Kementerian Hukum dan HAM RI Widodo Ekatjahjana. Ia menyampaikan bahwa tidak mudah untuk mencapai predikat Desa/Kelurahan Sadar Hukum.

Karena sambung Widodo, harus memenuhi beberapa kriteria dan indikator penilaian indeks desa/kelurahan yang sangat kompleks sebagaimana tertuang dalam Peraturan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Tahun 2006 tentang Pola Penyuluhan Hukum dan Surat Edaran Kepala BPHN Nomor : PHN-HN.04.04-01 Tahun 2022 tentang Pedoman Pembentukan dan Pembinaan Desa/Kelurahan Sadar Hukum (DSH/KSH).

Baca Juga: Empat Desa dan Satu Kelurahan di Lingga Resmi Jadi Desa Binaan Imigrasi

“Diharapkan dapat menjadi contoh bagi desa/kelurahan lain dalam meningkatkan dan mewujudkan kesadaran hukum masyarakatnya," kata Widodo.

Piagam penghargaan untuk Bupati Lingga yang diterima langsung oleh perwakilan dari Pemkab Lingga
Piagam penghargaan untuk Bupati Lingga yang diterima langsung oleh perwakilan dari Pemkab Lingga

"Demikian juga halnya, bagi desa/kelurahan yang hari ini ditetapkan sebagai Desa/Kelurahan Sadar Hukum, saya harap dapat mempertahankan prestasi masyarakatnya dalam bersikap dan berperilaku taat hukum dalam kehidupannya sehari-hari," tambah Widodo.

Diketahui sebanyak 101 amat dan Kepala Desa/Lurah yang tersebar di provinsi Kepulauan Riau mendapatkan medali penghargaan anubawa Sasana Desa/Kelurahan Sadar Hukum dan Piagam Desa Binaan Imigrasi.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini