Menparekraf Sandiaga: 1,5 Juta Wisatawan Tiongkok Ditargetkan ke Indonesia 2024

- 29 Juni 2024, 18:30 WIB
Pertemuan ini berlangsung di Andaz Xintiadi Hotel, Shanghai, Tiongkok, tempat Sandiaga dan delegasi Indonesia mempresentasikan kekayaan destinasi wisata Indonesia.
Pertemuan ini berlangsung di Andaz Xintiadi Hotel, Shanghai, Tiongkok, tempat Sandiaga dan delegasi Indonesia mempresentasikan kekayaan destinasi wisata Indonesia. /infopublik.id/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengundang para penyedia perjalanan di Tiongkok untuk memperbanyak paket wisata ke Indonesia. Dalam pertemuan di Andaz Xintiadi Hotel, Shanghai, Kamis (27/6/2024), Sandiaga memaparkan potensi wisata Indonesia yang luar biasa.

Pertemuan tersebut melibatkan Sandiaga Uno bersama dengan Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf/Baparekraf, Vinsensius Jemadu, dan Direktur Wisata Minat Khusus Kemenparekraf/Baparekraf, Itok Parikesit. Dari pihak Tiongkok, pertemuan ini dihadiri oleh agen perjalanan ternama yang berperan dalam industri pariwisata.

Dalam presentasinya, Sandiaga menyoroti lima destinasi pariwisata super prioritas selain Bali, yaitu Borobudur, Danau Toba, Likupang, Labuan Bajo, dan Mandalika. Ia juga menyebutkan kemajuan Indonesia dalam Travel Tourism Development Index (TTDI) versi World Economic Forum (WEF), yang naik 10 peringkat dari ranking 32 menjadi 22 dunia. Sandiaga menekankan banyaknya penerbangan langsung dari 14 kota di Tiongkok ke beberapa kota di Indonesia, memudahkan akses wisatawan.

"Indonesia memiliki potensi wisata yang kaya. Selain Bali, ada lima destinasi pariwisata super prioritas yaitu Borobudur, Danau Toba, Likupang, Labuan Bajo, dan Mandalika," ujar Sandiaga.

Selain itu, pencapaian Indonesia dalam indeks kinerja pengembangan pariwisata (Travel Tourism Development Index/TTDI) yang naik 10 peringkat menjadi salah satu daya tarik tambahan bagi wisatawan Tiongkok.

Baca Juga: Waspada Grup WhatsApp Hoaks: Penipuan 'EVENT EXPERIENCE LIMITLESS' Terungkap

Sandiaga menetapkan target kunjungan wisatawan asal Tiongkok ke Indonesia sebanyak 1 juta hingga 1,5 juta untuk tahun 2024. Dengan kolaborasi yang baik antara penyedia perjalanan Tiongkok dan Indonesia, ia optimistis target ini dapat tercapai.

"Tiongkok merupakan pasar yang sangat potensial bagi parekraf Indonesia. Untuk 2024 ini, kami menargetkan ada 1 juta hingga 1,5 juta kunjungan wisatawan asal Tiongkok ke Indonesia," katanya.

Menparekraf Sandiaga optimistis bahwa target ini dapat dicapai dengan kolaborasi yang baik antara Tiongkok dan Indonesia.

Halaman:

Editor: Husni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah