Kabar Gembira! Pipa Transmisi Air Baku Dabo Singkep Berusia Puluhan Tahun Kini Diganti

- 8 Juni 2024, 12:53 WIB
Groundbreaking Proyek Optimalisasi Embung Gemuruh dan Pipa Air Baku di Dabo Singkep pada Sabtu 8 Juni 2024 di Kantor PDAM Tirta Lingga
Groundbreaking Proyek Optimalisasi Embung Gemuruh dan Pipa Air Baku di Dabo Singkep pada Sabtu 8 Juni 2024 di Kantor PDAM Tirta Lingga /Fikri/lingga.pikiran-rakyat.com

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Masyarakat Singkep, Kabupaten Lingga, kini dapat bernapas lega. Setelah puluhan tahun menggunakan pipa besi yang sudah berkarat dan sering bocor, akhirnya pipa transmisi air baku Dabo Singkep diganti dengan yang baru. Upaya ini merupakan bagian dari komitmen Pemkab Lingga untuk memaksimalkan aliran air bersih bagi masyarakat, khususnya di Dabo Singkep.

Pada hari Sabtu, 8 Juni 2024, dilaksanakan acara groundbreaking untuk pekerjaan optimalisasi pemanfaatan Embung Gemuruh dan pipa transmisi air baku. Acara ini dihadiri oleh Bupati Lingga, Muhammad Nizar, Kepala Dinas PUTR Kabupaten Lingga, Novrizal, Kepala SNVT Pelaksanaan Jaringan Pemanfaatan Air, Balai Wilayah Sungai Sumatera IV Batam, Asyari ST, MT, Direktur Perumda Air Minum, Irfan Andaria serta perwakilan masyarakat Singkep.

Optimalisasi Sistem Air Baku untuk Masa Depan

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Lingga, Novrizal, menjelaskan bahwa pipa transmisi air yang digunakan saat ini sudah berusia tua dan terbuat dari bahan besi yang telah mengalami korosi parah, menyebabkan tingkat kebocoran yang sangat tinggi. Dengan meningkatnya jumlah penduduk dan kebutuhan air bersih yang terus bertambah, optimalisasi ini menjadi sangat penting.

"Kami bersama PDAM mencoba mencari solusi terbaik untuk mengoptimalkan pipa transmisi agar suplai air baku ke reservoir di Bukit Timah tidak terganggu," ujar Novrizal.

Baca Juga: Operasi Musang Nala 2024: Polda Bengkulu Amankan 89 Tersangka dan 405 Barang Bukti

Kerja Sama dan Komunikasi Intensif

Novrizal mengungkapkan bahwa upaya ini tidak tercapai dalam waktu singkat. Sejak tahun 2020, pihak Dinas PUPR bersama PDAM dan Bupati Lingga telah melakukan berbagai persiapan, termasuk kunjungan ke Balai Wilayah Sungai IV di Batam untuk memahami kriteria teknis yang diperlukan.

"Kami menyiapkan kriteria teknis seperti DED dan kesiapan lahan dari tahun 2020 hingga 2021," jelas Novrizal.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah