Kapolri Rotasi 745 Anggota Polri dalam Mutasi Besar-besaran

- 27 Juni 2024, 16:26 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho
Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho /Dok Humas Polri/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan rotasi dan mutasi terhadap ratusan anggota Polri. Berdasarkan empat Surat Telegram (ST) yang diterbitkan, sebanyak 745 personel, baik perwira menengah (pamen) maupun perwira tinggi (pati), dimutasi dan dirotasi jabatannya.

Keempat surat telegram tersebut bernomor ST/1236/VI/KEP./2024, ST/1237/VI/KEP./2024, ST/1238/VI/KEP./2024, dan ST/1239/VI/KEP./2024. Telegram ini ditandatangani oleh Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia, Inspektur Jenderal Polisi Dedi Prasetyo, pada 26 Juni 2024.

"Promosi dan mutasi di internal Polri adalah hal biasa dalam rangka kebutuhan organisasi, pembinaan karir, tour of duty, tour of area, dan pergantian anggota yang memasuki masa pensiun," kata Kadiv Humas Polri Irjen Pol Sandi Nugroho dalam keterangan tertulisnya di Jakarta.

Salah satu jabatan yang mengalami pergantian adalah Kepala Badan Intelijen dan Keamanan (Kabaintelkam) Polri. Jabatan ini akan diisi oleh Irjen Pol Syahardiantono, yang menggantikan Komjen Pol Suntana yang memasuki masa pensiun. Pangkat Irjen Syahar, yang saat ini menjabat Kadiv Propam Polri, akan naik menjadi jenderal bintang tiga atau Komisaris Jenderal (Komjen).

Sebagai pengganti Irjen Syahar, Irjen Pol Abdul Karim ditunjuk sebagai Kadiv Propam. Irjen Abdul Karim saat ini menjabat sebagai Kapolda Banten, dan posisinya akan digantikan oleh Brigjen Pol Suyudi Ario Seto, yang saat ini menjabat sebagai Wakapolda Metro Jaya.

Baca Juga: Warga Tanjungpinang Diajak Aktif dalam Pemutakhiran Data Pilkada 2024

Selanjutnya, Wakapolda Metro Jaya akan ditempati oleh Brigjen Pol Djati Wiyoto Abadhy, yang saat ini menjabat Wakapolda Kalimantan Timur.

Pergantian pimpinan juga terjadi di Kapolda Sumatera Utara. Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dimutasi menjadi Pati Bareskrim Polri (Persiapan Penugasan di Luar Struktur). Penggantinya adalah Brigjen Pol Whisnu Hermawan Februanto, yang saat ini menjabat sebagai Dirtipideksus Bareskrim Polri.

Mutasi dan rotasi ini merupakan bagian dari upaya Polri untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah