Bercita-cita Jadi Polisi? Simak Tips Lolos Seleksi Polri 2024

- 19 April 2024, 13:28 WIB
Seleksi penerimaan Polri SIPSS 2024 untuk S1 dan D4 sudah dibuka.
Seleksi penerimaan Polri SIPSS 2024 untuk S1 dan D4 sudah dibuka. /humas.polri.go.id

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Menjadi anggota Polri merupakan impian bagi banyak orang. Profesi ini dinilai mulia karena memiliki tugas untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat. Bagi Anda yang bercita-cita menjadi polisi, tahun 2024 ini adalah kesempatan Anda untuk mewujudkan mimpi tersebut.

Polri kembali membuka penerimaan calon anggota untuk berbagai jenjang, mulai dari Tamtama, Bintara, hingga Akpol. Proses seleksinya pun cukup ketat dan membutuhkan persiapan yang matang. Berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti untuk meningkatkan peluang lolos seleksi Polri 2024:

1. Pahami Persyaratan Umum dan Khusus

Sebelum memulai persiapan, pastikan Anda memahami persyaratan umum dan khusus untuk menjadi anggota Polri. Persyaratan ini meliputi usia, pendidikan, kesehatan, dan lain sebagainya. Anda dapat menemukan informasi lengkapnya di situs web resmi Polri atau di kantor Polres terdekat.

2. Siapkan Diri Secara Fisik

Seleksi Polri memiliki banyak tahapan yang membutuhkan kondisi fisik yang prima. Oleh karena itu, mulailah dengan berolahraga secara rutin untuk meningkatkan stamina dan kekuatan tubuh Anda. Lakukan latihan fisik seperti lari, push-up, sit-up, dan pull-up secara konsisten.

3. Pelajari Materi Tes

Seleksi Polri menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) untuk tes pengetahuan umum, pengetahuan dasar Polri, dan tes psikologi. Pelajari materi-materi tersebut dengan tekun dan ikuti latihan soal-soal CAT untuk membiasakan diri dengan sistem dan format tes.

Baca Juga: Polres Lingga Gelar Rikmin Awal Penerimaan Polri 2024: BETAH dan Tanpa Pungli!

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah