2.000 Bintara Ikuti Pendidikan Sekolah Perwira Angkatan Ke-53 di Setukpa Lemdiklat Polri

- 18 April 2024, 20:41 WIB
2.000 Bintara Ikuti Pendidikan Sekolah Perwira Angkatan Ke-53 di Setukpa Lemdiklat Polri
2.000 Bintara Ikuti Pendidikan Sekolah Perwira Angkatan Ke-53 di Setukpa Lemdiklat Polri /Dok Div Humas Polri/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Sebanyak 2.000 personel Bintara Polri, terdiri dari 1.900 polisi laki-laki (Polki) dan 100 polisi wanita (Polwan), mengikuti pendidikan Sekolah Inspektur Polisi (SIP) Angkatan Ke-53 Gelombang I Tahun Anggaran 2024. Upacara pembukaan pendidikan ini dilaksanakan di Lapangan Soetadi Ronodipuro, Setukpa Lemdiklat Polri, Sukabumi, Jawa Barat, pada Kamis (18/04/2024).

Brigjen Pol Mardiaz Kusin Dwihananto, S.I.K., M.Hum., selaku Kepala Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian (Kasetukpa) Lemdiklat Polri, bertindak sebagai inspektur upacara. Dalam amanat tertulis Kalemdiklat Polri Komjen Pol Drs. Purwadi Arianto, M.Si., yang dibacakannya, ditekankan bahwa pendidikan SIP tahun ini mengusung tema "Pendidikan dan Pelatihan yang Melayani untuk Polri Presisi". Tema ini diharapkan dapat menghasilkan anggota Polri yang Presisi (Prediktif, Responsif, Transparan, dan Berkeadilan).

Pendidikan SIP Angkatan Ke-53 Gelombang I T.A. 2024 ini diberi nama Laksmana Satya Prakasha (LSP). Nama tersebut memiliki makna yaitu pemimpin yang menjunjung tinggi kebenaran dan memiliki kemampuan mengarahkan bawahan dalam melaksanakan tugas pokok profesi kepolisian demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat bangsa dan negara.

Baca Juga: Sinergi Polri, TNI, Dishub dan Pemda Lingga Jaga Kelancaran Arus Mudik

Sejalan dengan kompleksitas tantangan tugas Polri di lapangan, pendidikan SIP angkatan ini akan membekali para peserta didik dengan berbagai pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi pemimpin Polri yang Presisi. Para peserta didik akan mendapatkan materi pembelajaran tentang kepemimpinan, strategi, operasional kepolisian, dan berbagai ilmu pengetahuan lainnya.

Upacara pembukaan ini juga dihadiri oleh para pejabat tinggi Polri, Forkopimda Kota Sukabumi, dan tamu undangan lainnya. Kapusdik Intel Lemdiklat Polri beserta jajaran juga mengikuti upacara secara virtual, dan secara bersamaan menyelenggarakan pendidikan SIP Khusus Intel dengan jumlah peserta didik sebanyak 67 orang.

Pendidikan SIP Angkatan Ke-53 Gelombang I T.A. 2024 ini akan berlangsung selama empat bulan, dari tanggal 18 April 2024 sampai dengan 15 Agustus 2024. Diharapkan setelah menyelesaikan pendidikan ini, para peserta didik dapat menjadi perwira Polri yang kompeten, profesional, dan Presisi, serta mampu melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x