Lebaran di Batam: Terminal Domestik Telaga Punggur Jadi Juara Tersibuk!

- 17 April 2024, 11:17 WIB
Arus mudik Lebaran di Batam menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan total 580.867 penumpang yang dilayani oleh BUP BP Batam
Arus mudik Lebaran di Batam menunjukkan peningkatan yang signifikan dengan total 580.867 penumpang yang dilayani oleh BUP BP Batam /Dok. BP Batam/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Badan Usaha Pelabuhan Badan Pengusahaan (BUP BP) Batam mencatat total 580.867 penumpang yang dilayani selama periode Angkutan Lebaran Tahun 2024, mulai dari H-15 hingga H+3. Angka ini menunjukkan peningkatan sebesar 11% dibandingkan tahun 2023 yang mencapai 521.000 penumpang.

Peningkatan Tertinggi di Terminal Ferry Domestik

Direktur Badan Usaha Pelabuhan, Dendi Gustinandar, mengungkapkan bahwa peningkatan tertinggi terjadi di Terminal Ferry Domestik dengan lonjakan 15% atau mencapai 316.000 penumpang. Hal ini menunjukkan tren positif seiring pelonggaran kebijakan perjalanan oleh pemerintah pusat.

"Puncak arus mudik di Terminal Ferry Domestik terjadi pada H-3 dengan jumlah penumpang meninggalkan Batam sebanyak 16.795 orang. Sedangkan untuk arus balik, jumlah penumpang mencapai 17.541 orang pada H+3," jelas Dendi.

Prediksi Kenaikan Penumpang di H+4

Dendi memprediksi jumlah penumpang yang kembali ke Batam akan terus bertambah pada H+4 mengingat aktivitas perkantoran dan sekolah kembali normal pasca libur Lebaran.

Baca Juga: Mudik Gratis: Kapolda Kepri Bantu Masyarakat Kembali ke Kampung Halaman

Terminal Ferry Domestik dan Internasional Tersibuk

Data BUP BP Batam menunjukkan Terminal Ferry Domestik Telaga Punggur menjadi terminal terpadat dengan total 139.000 penumpang. Terminal ini melayani penumpang tujuan Tanjung Pinang, Dabo Singkep, Tanjung Uban, Tarempa, dan Sei Tenam.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x