KM. Alexindo 8 Terbakar di Perairan Batam, Bakamla RI Beberkan Penyebabnya

- 22 Februari 2024, 07:25 WIB
Bakamla RI saat mengevakuasi kebakaran kapal KM Alexindo 8 di Perairan Labuh Jangkar Tanjung Pinggir, Batam
Bakamla RI saat mengevakuasi kebakaran kapal KM Alexindo 8 di Perairan Labuh Jangkar Tanjung Pinggir, Batam /Dok. Bakamla RI/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Sebuah kapal berbendera Indonesia, KM. Alexindo 8, terbakar di Perairan Labuh Jangkar Tanjung Pinggir, Batam, pada Rabu (21/2/2024). Kapal tersebut milik Perusahaan Alexindo Yakin Prima yang bergerak di bidang aluminium.

Beruntung, Bakamla RI melalui unsurnya, KN Ular Laut-405 dan Catamaran 508, berhasil menyelamatkan korban kebakaran.

Menurut Pranata Humas Ahli Muda Bakamla RI Kapten Bakamla Yuhanes Antara, S.Pd, kebakaran disebabkan oleh konsleting arus listrik di dapur kapal.

"Berdasarkan hasil keterangan yang diberikan oleh nakhoda kebakaran terjadi karena konsleting arus listrik di dapur yang langsung diketahui oleh koki," ungkap Yuhanes.

Api cepat menyebar dan tidak bisa dipadamkan oleh awak kapal. Mereka pun keluar dari kapal dan meminta bantuan dari kapal terdekat, yaitu Catamaran 508 yang sedang berpatroli di Perairan Selat Singapura.

Baca Juga: BP Batam BLINK di Muka Kuning, Layani Pengurusan UWT dan Perizinan Lahan

"Pukul 14.55 WIB, Catamaran 508 tiba dilokasi kejadian dan langsung mengevakuasi ABK dari kapal," kata Yohanes.

Catamaran 508 segera menuju lokasi kejadian dan mengevakuasi 15 orang awak kapal, termasuk satu orang yang mengalami luka bakar ringan.

Korban dibawa ke Dermaga Bintang 99 untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut. Sementara itu, KN Ular Laut-405 bersama dengan KRI Bubara-868 dan TB Megamas Sky melakukan pemadaman api di kapal yang terbakar.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini