Menelusuri Jejak Legenda: Situs Makam Badang di Karimun

- 29 Maret 2024, 16:52 WIB
Situs Makam Badang
Situs Makam Badang /Dok. Pemprov Kepri/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Di balik gemerlapnya wisata bahari, Kabupaten Karimun menyimpan sebuah situs bersejarah yang menarik untuk ditelusuri: Situs Makam Badang. Situs ini merupakan tempat peristirahatan terakhir dari Badang, seorang legenda Melayu yang terkenal dengan kekuatannya yang luar biasa.

Legenda Badang dan Keunikan Makamnya:

Badang merupakan legenda yang diceritakan dalam berbagai versi di berbagai wilayah Melayu. Di Karimun, Badang diceritakan sebagai seorang pahlawan yang membantu Raja Johor dalam pertempuran melawan Raja Singapura. Konon, Badang mampu mengangkat batu besar dengan mudah dan memiliki kekuatan yang tak tertandingi.

Situs Makam Badang terletak di Pulau Buru, salah satu pulau di Kabupaten Karimun. Makam ini memiliki keunikan tersendiri, yaitu ukurannya yang jauh lebih besar dibandingkan dengan makam pada umumnya. Panjang makam Badang mencapai 14 meter dan lebarnya 7 meter.

Baca Juga: Makam Tanah Runtuh di Sergang, Lingga: Misteri Makam Keramat Sang Putri

Di atas makam, terdapat sebuah tugu setinggi 3 meter yang dihiasi dengan ukiran-ukiran tradisional Melayu.

Nilai Sejarah dan Budaya:

Situs Makam Badang tidak hanya memiliki nilai sejarah, tetapi juga nilai budaya yang tinggi. Makam ini menjadi simbol kekuatan dan kepahlawanan Badang, dan menjadi bukti nyata keberadaan legenda tersebut. Selain itu, situs ini juga menjadi daya tarik wisata yang menarik bagi wisatawan yang ingin mempelajari sejarah dan budaya Melayu di Karimun.

Upaya Pelestarian:

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini