Museum Bahari Bintan: Jendela Menuju Kejayaan Maritim Nusantara

- 24 Maret 2024, 11:55 WIB
Museum Bahari Bintan berlokasi di Jalan Pantai Trikora Kilometer 36, Desa Teluk Bakau, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau
Museum Bahari Bintan berlokasi di Jalan Pantai Trikora Kilometer 36, Desa Teluk Bakau, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau /bintantourism

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Museum Bahari Bintan, sebuah museum unik berbentuk perahu Kajang, mengundang para pengunjung untuk menyelami sejarah maritim yang kaya di Kepulauan Riau. Diresmikan pada tahun 2006, museum ini menjadi rumah bagi berbagai artefak bahari yang menarik, membawa pengunjung dalam perjalanan waktu menyusuri jejak kejayaan maritim nusantara.

Koleksi Menawan

Museum Bahari Bintan menyimpan berbagai koleksi berharga, mulai dari peninggalan Dinasti Tiongkok seperti keramik dan guci, hingga replika alat-alat penangkap ikan tradisional. Pengunjung dapat melihat langsung bagaimana nenek moyang kita berlayar dan mencari nafkah di lautan.

Desain Arsitektur

Keunikan museum ini tidak hanya terletak pada koleksinya, tetapi juga pada desain arsitekturnya yang menyerupai perahu Kajang, jenis perahu tradisional khas Bintan. Bentuk ini menjadi simbol penting dalam budaya maritim masyarakat setempat.

Museum Bahari Bintan berlokasi di Jalan Pantai Trikora Kilometer 36, Desa Teluk Bakau, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau
Museum Bahari Bintan berlokasi di Jalan Pantai Trikora Kilometer 36, Desa Teluk Bakau, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau bintantourism

Baca Juga: Coastal Area Karimun: Destinasi Wisata Bahari yang Wajib Dikunjungi

Lokasi Strategis

Terletak di Jalan Pantai Trikora Kilometer 36, Desa Teluk Bakau, Kabupaten Bintan, museum ini mudah dijangkau oleh wisatawan. Pengunjung dapat menikmati panorama pantai yang indah sambil mempelajari sejarah maritim Bintan.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah