Perjalanan Karir Ansar Ahmad: Dari Tukang Cuci Bus hingga Jadi Orang Nomor 1 di Kepri

- 10 Mei 2024, 16:53 WIB
Ansar Ahmad S.E., M.M.
Ansar Ahmad S.E., M.M. /Fikri/kolase

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Ansar Ahmad adalah sosok inspiratif yang kini menjabat sebagai Gubernur Kepulauan Riau. Namun, perjalanan karirnya tidaklah mudah. Lahir di Kijang, Bintan pada 10 April 1964, Ansar berasal dari keluarga sederhana yang harus menghadapi berbagai rintangan sejak kecil. Ayahnya meninggal dunia saat ia masih balita, meninggalkan ibunya untuk membesarkan lima anak seorang diri.

Dari Kerja Keras Hingga Kursi Gubernur

Ansar memulai karirnya dari posisi terbawah. Sebelum terjun ke dunia politik, ia bekerja sebagai tukang cuci bus, tukang bangunan, bahkan menjadi guru mengaji keliling. Bakatnya dalam melantunkan ayat suci Al-Quran membawanya menjadi wakil Kecamatan Tanjungpinang Timur dalam Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) saat remaja.

Meskipun dari latar belakang yang sederhana, Ansar tidak pernah menyerah dalam mengejar pendidikan. Ia lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Riau, dengan biaya kuliah yang ia dapatkan dari hasil mengajar mengaji. Kesungguhan dan ketekunannya membawa ia menuju perjalanan politik yang gemilang.

Baca Juga: Muhammad Rudi: Dari Polisi Menjadi Pembangun Kota Batam

Dari Bupati Hingga Gubernur

Karir politik Ansar terus menanjak. Ia terpilih sebagai wakil bupati Kabupaten Kepulauan Riau pada tahun 2000, dan kemudian menjabat sebagai Bupati Bintan selama dua periode hingga 2015. Pengalamannya yang luas di pemerintahan dan politik membuatnya menjadi anggota DPR RI dari fraksi Partai Golkar.

Namun, panggilan untuk melayani lebih banyak orang membawa Ansar menuju kursi Gubernur Kepri. Pada Pemilihan Gubernur Provinsi Kepulauan Riau tahun 2020, Ansar Ahmad dan pasangannya, Marlin Agustina, berhasil memenangkan hati masyarakat dan dilantik sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri pada 25 Februari 2021.

Kisah Inspiratif Kesuksesan

Kisah perjalanan karir Ansar Ahmad adalah bukti bahwa dengan kerja keras dan keteguhan, seseorang bisa meraih mimpi terbesarnya. Dari seorang tukang cuci bus hingga menjadi Gubernur Kepri, Ansar Ahmad telah menunjukkan bahwa tidak ada yang tidak mungkin jika berani bermimpi dan bekerja keras untuk mewujudkannya. Ia adalah teladan bagi semua orang yang ingin menggapai puncak kesuksesan, tidak peduli dari mana asal dan latar belakang mereka.

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah