Buruh Batam Gelar Aksi Damai Peringati May Day, Sampaikan Tiga Tuntutan

- 2 Mei 2024, 12:44 WIB
Buruh Batam Sampaikan Aspirasi dengan Tertib, Walikota Berjanji Selesaikan Tuntutan
Buruh Batam Sampaikan Aspirasi dengan Tertib, Walikota Berjanji Selesaikan Tuntutan /

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Peringatan Hari Buruh Internasional atau May Day di Kota Batam diwarnai dengan aksi damai oleh perwakilan serikat pekerja di Kantor Wali Kota Batam, Rabu (1/5/2024). Aksi ini disambut langsung oleh Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, bersama Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, M.Pd.

Tiga Tuntutan Buruh

Dalam aksi damai ini, perwakilan buruh menyampaikan tiga tuntutan utama, yaitu:

  1. Pencabutan Omnibus Law UU Cipta Kerja
  2. Penolakan terhadap sistem OutSourcing
  3. Perjuangan untuk Upah Layak

Upaya Pemko Batam untuk Kesejahteraan Buruh

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, dalam kesempatan ini menyampaikan selamat Hari Buruh kepada seluruh buruh di Kota Batam dan berharap agar mereka semakin sejahtera. Ia juga menjelaskan berbagai upaya yang telah dilakukan Pemko Batam untuk meningkatkan kesejahteraan buruh di Kota Batam, antara lain:

Baca Juga: Peringatan Hari Buruh di Batam Kapolda dan Kapolresta Barelang Turun Tangan

  • Pengesahan Perda Ketenagakerjaan di Kota Batam: Perda ini menghapus pembatasan usia pekerja dan mengatur tentang penempatan serta pelatihan tenaga kerja.
  • Kewajiban Perusahaan Melaporkan Kebutuhan Tenaga Kerja: Perusahaan wajib melaporkan kebutuhan tenaga kerja kepada Disnaker agar masyarakat Batam diprioritaskan dalam proses rekrutmen.
  • Pelatihan Kerja bagi Pencari Kerja: Pemko Batam melalui Perangkat Daerahnya memberikan pelatihan kerja kepada para pencari kerja sebagai bekal untuk mendapatkan pekerjaan sesuai kebutuhan perusahaan.
  • Peluang Magang bagi Pelajar SMK: Pemko Batam mengimbau perusahaan untuk memberikan peluang magang kepada pelajar SMK sebagai ajang belajar dan meningkatkan daya saing mereka.

Harapan untuk Masa Depan

Wali Kota Rudi berharap dengan berbagai upaya yang dilakukan, tenaga kerja di Kota Batam dapat memenuhi kebutuhan perusahaan dan masyarakat di Kota Batam dapat bersaing dengan tenaga kerja dari luar. Ia juga berharap agar ilmu yang didapat para pencari kerja dari pelatihan kerja dapat membantu mereka memperoleh pekerjaan yang layak.

Baca Juga: Ribuan Buruh Jateng Menggelar Demo Besar-Besaran: Ini Lokasi dan Tuntutannya

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah