65 Warga Binaan Lapas Dabo Singkep Terima Remisi Idul Fitri

- 11 April 2024, 18:37 WIB
Penyerahan surat keputusan remisi dilakukan secara simbolis oleh Kepala Lembaga Permasyarakatan Kelas III Dabo Singkep, Jaka Putra usai pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah
Penyerahan surat keputusan remisi dilakukan secara simbolis oleh Kepala Lembaga Permasyarakatan Kelas III Dabo Singkep, Jaka Putra usai pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah /Dok. Lapas Dabo Singkep/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Sebanyak 65 orang warga binaan Lembaga Permasyarakatan Kelas III Dabo Singkep menerima remisi khusus Idul Fitri 1445 Hijriah sebagai bentuk apresiasi pengurangan masa tahanan bagi warga binaan Muslim yang berkelakuan baik.

Penyerahan surat keputusan remisi dilakukan secara simbolis oleh Kepala Lembaga Permasyarakatan Kelas III Dabo Singkep, Jaka Putra usai pelaksanaan Shalat Idul Fitri 1445 Hijriah di Lapangan Lapas Kelas III Dabo Singkep pada hari Rabu (10/04/2024).

"Pengajuan dan pemberian remisi bagi warga binaan Lapas Dabo Singkep telah dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku. Remisi khusus diprioritaskan bagi warga binaan Muslim berkelakuan baik yang patuh terhadap segala peraturan yang diterapkan, juga aktif dalam berbagai kegiatan dan program yang dilaksanakan oleh Lapas Dabo Singkep" ungkap Jaka Putra.

Adapun rincian remisi yang diterima oleh warga binaan Lapas Dabo Singkep adalah sebagai berikut:

Baca Juga: Komitmen Lapas Narkotika Tanjungpinang Berantas Narkoba: Apel Siaga dan Razia Gabungan Digelar

  • Remisi selama dua bulan: 1 orang
  • Remisi selama satu bulan 15 hari: 8 orang
  • Remisi satu bulan: 44 orang
  • Remisi 15 hari: 12 orang

Jaka Putra menambahkan, terdapat beberapa alasan yang menjadi dasar penundaan pemberian remisi bagi warga binaan, antara lain:

  • Masih berstatus tahanan
  • Belum menjalani 6 bulan pidana
  • Masuk dalam register F dan usulan pencabutan PB
  • Keterlambatan administrasi karena vonis turun setelah waktu usulan remisi selesai

"Remisi ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi warga binaan untuk terus berkelakuan baik dan mengikuti program pembinaan di Lapas. Sehingga mereka dapat kembali ke masyarakat dan menjadi pribadi yang lebih baik," ujar Jaka Putra.

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah