Masjid Sokambang: Dari Tempat Persinggahan Raja Hingga Masjid Bersejarah di Jantung Sumenep

- 22 April 2024, 13:26 WIB
Menara Masjid Sokambang di Kabupaten Sumenep, Madura. Tak terllihat seperti masjid karena bangunan itu dulunya merupakan tempat persinggahan sementara keluarga raja
Menara Masjid Sokambang di Kabupaten Sumenep, Madura. Tak terllihat seperti masjid karena bangunan itu dulunya merupakan tempat persinggahan sementara keluarga raja /ANTARA/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Di jantung Kota Sumenep, Jawa Timur, berdiri kokoh Masjid Sokambang, sebuah masjid bersejarah yang menyimpan jejak kejayaan Kesultanan Sumenep. Terletak di Dusun Banosokon, Desa Kebunagung, Kecamatan Kota, masjid ini menawarkan perpaduan arsitektur tua dan modern yang memukau.

Menyibak Pesona Arsitektur Masjid Sokambang

Sekilas pandang, Masjid Sokambang mungkin tampak biasa saja. Bangunannya yang menonjol di antara rumah-rumah warga sekitar, dihiasi dengan menara kecil berjejer. Namun, di balik kesederhanaannya, masjid ini menyimpan nilai sejarah yang tak ternilai.

Memasuki ruang utama masjid, barulah kita menemukan sisa-sisa kemegahan masa lampau. Tembok dari struktur bata besar dengan dua pintu kayu tua menjadi saksi bisu perjalanan sejarah masjid ini. Konon, sebelum dijadikan masjid, bangunan ini dulunya merupakan tempat persinggahan sementara keluarga raja Sumenep sebelum melanjutkan perjalanan ke kompleks pemakaman Asta Tinggi.

Kisah Masjid Sokambang: Dari Tempat Persinggahan Raja Hingga Masjid Bersejarah

Masjid Sokambang merupakan salah satu masjid tertua di Sumenep. Dibangun oleh Sultan Abdurahman Pakunantaningrat I, masjid ini menjadi simbol ketaatan dan kedekatan raja dengan agama.

Menurut cerita dan pitutur orang-orang tua Sumenep, masjid ini menjadi tempat perenungan para raja sebelum berziarah ke makam leluhur mereka di Asta Tinggi. Tak heran, banyak cerita dan legenda yang beredar di sekitar masjid ini, menjadikannya bagian tak terpisahkan dari sejarah dan budaya Sumenep.

Baca Juga: Jelajahi Pesona Pantai Kasah: Perpaduan Keindahan Alam, Bebatuan Unik, dan Legenda Menarik di Natuna

Lebih dari Sekedar Tempat Ibadah: Masjid Sokambang Sebagai Pusat Pendidikan Agama

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah