Menjelajahi Kelezatan Bubur Pedas Anambas: Perpaduan Rasa Gurih dan Kaya Rempah

- 19 April 2024, 12:12 WIB
Bubur Pedas Anambas bukan sekadar hidangan lezat, tetapi juga bagian dari tradisi dan budaya masyarakat Kepulauan Anambas
Bubur Pedas Anambas bukan sekadar hidangan lezat, tetapi juga bagian dari tradisi dan budaya masyarakat Kepulauan Anambas /

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Bagi pecinta kuliner, menjelajahi kekayaan rasa di berbagai daerah adalah sebuah petualangan yang tak terlupakan. Salah satu hidangan istimewa yang wajib dicoba di Kepulauan Anambas adalah Bubur Pedas Anambas.

Bubur Pedas Anambas memiliki ciri khas unik yang berbeda dari bubur pedas di daerah lain. Bubur ini tidak dicampur dengan ubi atau bahan lain, hanya beras dan ikan salai tongkol yang dihancurkan. Selain itu, banyaknya campuran dedaunan menjadi ciri khas tersendiri yang membedakannya dari bubur pedas pada umumnya.

Cita Rasa Gurih dan Kaya Rempah:

Bubur Pedas Anambas menghadirkan perpaduan rasa gurih dan pedas yang kaya rempah. Daun kesum, ruku, kunyit, dan jahe menjadi pelengkap yang tak hanya menambah cita rasa, tetapi juga memberikan aroma khas yang menggoda selera.

Sejarah dan Tradisi:

Dahulu, Bubur Pedas Anambas merupakan hidangan favorit masyarakat karena bahan-bahannya mudah didapat dan diolah. Bubur ini menjadi pilihan saat ingin berhemat dan mengenyangkan perut.

Seiring waktu, Bubur Pedas Anambas tidak lagi menjadi hidangan sehari-hari. Bubur ini hanya dimasak pada hari-hari besar, acara-acara pemerintah, atau pernikahan. Hal ini menjadikan Bubur Pedas Anambas hidangan istimewa yang selalu dinanti-nantikan.

Baca Juga: Menjelajahi Uniknya Buah Rambai dan Kuliner Sayur Lemak Kulit Rambai di Lingga

Momen Spesial dengan Bubur Pedas Anambas:

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah