Hindari Antrean Panjang, ASDP Dorong Pemudik Iduladha Beli Tiket Online

- 17 Juni 2024, 10:00 WIB
Situasi penumpang dan kendaraan antri masuk ke kapal penyeberangan ASDP jelang hari raya Iduladha
Situasi penumpang dan kendaraan antri masuk ke kapal penyeberangan ASDP jelang hari raya Iduladha /

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Momen libur Hari Raya Iduladha dimanfaatkan banyak masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik dan wisata. Hal ini terlihat dari lonjakan pergerakan penumpang dan kendaraan di jalur darat dan penyeberangan, baik dari Pulau Jawa menuju Sumatera maupun dari Pulau Bali menuju Jawa.

Sekretaris Perusahaan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero), Shelvy Arifin, mengungkapkan bahwa lonjakan ini terjadi karena momen libur Iduladha tahun ini cukup panjang, yaitu sekitar 4 hari. Banyak masyarakat yang memanfaatkan waktu tersebut untuk berkumpul bersama keluarga, baik di kampung halaman maupun di tempat wisata.

"Trafik di lapangan pada cabang utama, jika dibandingkan dengan hari normal cukup signifikan," ujar Shelvy pada Minggu (16/6/2024).

ASDP Pastikan Kesiapan Penyeberangan

Menyadari lonjakan arus mudik dan wisata ini, ASDP telah mempersiapkan diri dengan matang. Kesiapan prasarana pelabuhan, kapal, dan fasilitas pendukung lainnya dipastikan memadai untuk melayani pengguna jasa.

Di lintasan Merak-Bakauheni, ASDP menyediakan 30 unit kapal yang beroperasi 24 jam dengan total 123 trip. Sedangkan di lintasan Ketapang-Gilimanuk, terdapat 28 unit kapal yang beroperasi 24 jam dengan total 200 trip.

"Kami pastikan kesiapan pelabuhan dan kapal dalam menghadapi lonjakan pengguna jasa yang melakukan perjalanan darat dan penyeberangan," ujar Shelvy.

Baca Juga: Nonton EURO 2024 Hemat dan Mudah? Cuma di Vision+ Berikut Panduan Lengkap dan Harga Langganannya

Fasilitas Lengkap di Pelabuhan Utama

Halaman:

Editor: Husni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini