Keunikan Festival Pesona Danau Limboto 2024: Mengangkat Lokalitas dan Budaya Gorontalo

- 7 Juni 2024, 23:00 WIB
Festival Pesona Danau Limboto Menguatkan Budaya Gorontalo
Festival Pesona Danau Limboto Menguatkan Budaya Gorontalo /infopublik.id/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Festival Pesona Danau Limboto (FPDL) 2024 kembali hadir dengan menonjolkan keunikan dalam penyajian nilai lokalitas, kekayaan alam, dan budaya Gorontalo yang orisinil. FPDL 2024 menjadi festival terbesar dan paling kuat temanya di Provinsi Gorontalo.

Pembukaan festival akan menampilkan berbagai atraksi yang mencerminkan nilai-nilai lokal dan budaya Gorontalo. Acara ini direncanakan menampilkan pagelaran teatrikal bertema Danau Limboto, atraksi seni dan budaya Gorontalo, musik etnis yang dikemas dengan apik, serta penampilan artis daerah.

Rangkaian kegiatan FPDL juga dipenuhi dengan atraksi budaya dan ekspos potensi sumber daya alam, menjadikannya sebagai penguat identitas dan jati diri masyarakat Gorontalo.

“Kami mendesain Festival Pesona Danau Limboto ini agar menjadi penguat nilai-nilai budaya Gorontalo, masyarakat semakin cinta dan peduli dengan seni dan tradisi sendiri. Salah satu fungsi festival ini adalah penguatan identitas kegorontaloan,” ungkap Haris S. Tome, Ketua Panitia Festival Pesona Danau Limboto sekaligus Asisten 3 Setda Kabupaten Gorontalo, pada Senin (3/6/2024).

Baca Juga: Polres Lingga Gelar Curhat Kamtibmas Bersama Warga Kecamatan Selayar

Haris juga menambahkan bahwa pembangunan budaya sangat penting sebagai bagian dari pembentukan karakter (character building). Melalui FPDL, nilai-nilai budaya Gorontalo diangkat dan dikuatkan, mendorong pelestarian adat dan tradisi Gorontalo serta merevitalisasi budaya melalui penguatan.

Festival ini juga diakui sebagai bagian dari Karisma Event Nusantara (KEN), yang memiliki makna penting sebagai media pelestarian budaya. Cornelis van Vollenhoven, seorang antropolog Belanda, pernah memasukkan Gorontalo sebagai salah satu dari 19 daerah di Hindia Belanda yang memiliki sistem lingkaran hukum adat. Hal ini menegaskan bahwa nilai-nilai daerah sangat penting dalam khazanah budaya Indonesia dan menjadi salah satu kekuatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Festival Pesona Danau Limboto 2024 siap memukau pengunjung dengan keindahan budaya dan alam Gorontalo, menjadikannya salah satu acara yang tidak boleh dilewatkan tahun ini.

Editor: Husni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah