3 Posyandu di Desa Tanjung Harapan Temukan 10 Bayi Stunting

- 5 Juni 2024, 17:32 WIB
Kepala Desa Tanjung Harapan, Irwansyah
Kepala Desa Tanjung Harapan, Irwansyah /Dito/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Angka stunting di Desa Tanjung Harapan, Kecamatan Singkep, Kabupaten Lingga kembali menunjukkan peningkatan. Dari 4 Posyandu yang ada di desa tersebut, 3 di antaranya terdapat bayi stunting dengan total 10 bayi yang usianya di bawah 4 tahun.

Kepala Desa Tanjung Harapan, Irwansyah, mengungkapkan kekhawatirannya atas kemunculan kembali stunting di desanya.

"Sebelumnya, Desa Tanjung Harapan sudah tidak ada lagi kasus stunting. Namun, pada bulan-bulan terakhir ini, stunting kembali muncul," kata Irwansyah saat ditemui di Posyandu Dahlia dalam kegiatan intervensi stunting, Rabu 5 Juni 2024.

Irwansyah menjelaskan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk menekan angka stunting, seperti berkolaborasi dengan kader Posyandu, memberikan sosialisasi dan edukasi, serta menyediakan makanan tambahan menggunakan dana desa.

"Selain itu, kami juga mengarahkan kader Pos Yandu untuk melakukan door-to-door ke rumah-rumah balita yang mungkin orang tuanya tidak sempat membawa bayi mereka ke Pos Yandu pada hari penimbangan," ujar Irwansyah.

Baca Juga: Hari Lingkungan Hidup Sedunia: Kementerian ATR/BPN Tanam 100 Ribu Pohon

Irwansyah juga menekankan pentingnya peran kader Posyandu dan kesadaran masyarakat dalam memerangi stunting.

"Kami berharap para kader Pos Yandu tetap eksis dan semangat dalam memberikan pelayanan di Posyandu. Kami dari desa juga akan terus berupaya menggunakan dana desa dengan memberikan makanan tambahan yang tidak siap saji, tetapi disiapkan oleh ibu-ibu kader," ungkap Irwansyah.

Makanan tambahan yang disediakan Desa Tanjung Harapan diolah dari bahan-bahan bergizi seperti ikan yang diubah menjadi bakso atau sosis.

Halaman:

Editor: Husni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini