Hari Lingkungan Hidup Sedunia: Kementerian ATR/BPN Tanam 100 Ribu Pohon

- 5 Juni 2024, 15:05 WIB
Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day,  jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melakukan penanaman 100.000 pohon secara serentak se-Indonesia
Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day, jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melakukan penanaman 100.000 pohon secara serentak se-Indonesia /infopublik.id/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melaksanakan penanaman 100 ribu pohon secara serentak di seluruh Indonesia. Kegiatan ini dipimpin langsung oleh Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), didampingi Pembina Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (IKAWATI) ATR/BPN, Annisa Pohan Yudhoyono, di Komplek Perkantoran Kabupaten Bekasi, Rabu (5/6/2024).

Penanaman pohon ini dilakukan secara daring dan luring, dengan setiap daerah menanam sebanyak 200 pohon. Di Kabupaten Bekasi, kegiatan tersebut dilakukan di atas tanah kosong seluas 1 hektare dengan menanam 180 bibit pohon mahoni dan 20 bibit pohon buah.

"Hari ini spesial, setiap 5 Juni, bangsa-bangsa sedunia memperingati Hari Lingkungan Hidup, World Environment Day, dan tentu Indonesia ingin selalu menjadi, bukan hanya sebagai warga dunia yang bertanggung jawab tetapi juga menjadi champion, salah satu juara dalam urusan pelestarian lingkungan hidup," kata Menteri AHY.

Yusharto menekankan pentingnya kontribusi nyata dari Kementerian ATR/BPN dalam mendukung upaya pelestarian lingkungan.

"Ini kita galakkan, kita lakukan secara serentak penanaman 100.000 pohon seluruh Indonesia dan ini mudah-mudahan bisa berkontribusi pada lingkungan hidup kita," ujar AHY.

Ia berharap penanaman pohon ini tidak hanya menjadi simbol, tetapi juga memberikan manfaat ekonomi dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

Baca Juga: BSKDN Kemendagri Tekankan Pengelolaan Anggaran Efektif untuk Pilkada 2024

Penanaman pohon mahoni, yang dikenal efektif menyerap karbon, merupakan salah satu langkah konkret dalam upaya menanggulangi perubahan iklim.

"Termasuk yang kita tanam adalah mahoni yang kita kenal sebagai salah satu jenis tanaman yang sangat efektif untuk menyerap kembali karbon yang terlepas ke udara," lanjutnya.

Halaman:

Editor: Husni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini