Daki Gunung Daik, WNA Asal Malaysia Minta Jemput BPBD

- 3 Juni 2024, 18:24 WIB
Proses evakuasi pendaki asal Malaysia oleh BPBD Lingga
Proses evakuasi pendaki asal Malaysia oleh BPBD Lingga /

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lingga berhasil mengevakuasi seorang pendaki asal Malaysia berusia 69 tahun yang mengalami kedinginan hebat saat mendaki Gunung Daik. Evakuasi berlangsung dalam kondisi sulit karena medan licin dan hujan lebat yang mengguyur daerah tersebut.

Pendakian Gunung Daik pada Minggu, 2 Juni 2024, melibatkan sepuluh warga negara asing asal Malaysia bersama seorang pemandu Gunung Daik. Mereka sempat diterpa hujan ribut selama perjalanan, yang membuat mereka berhenti di Pos Pendakian Dua Gunung Daik.

Kondisi fisik salah satu pendaki menurun drastis akibat cuaca ekstrem, menyebabkan korban mengalami kedinginan hebat di Pos Dua. Pemandu gunung segera menghubungi BPBD Lingga untuk meminta bantuan.

"Pukul 01.00 dini hari, pemandu gunung menelepon BPBD, dan tim kami segera bergerak ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi," kata Kepala BPBD Lingga, Oktanius Wirsal.

Evakuasi melibatkan delapan personel BPBD yang mendaki pada malam hari dengan medan yang sangat menantang, licin, dan penuh rintangan, termasuk menyeberangi sungai. Tim juga membawa logistik tambahan seperti sarung untuk memberikan kenyamanan ekstra kepada korban.

Kepala BPBD Lingga, Oktanius Wirsal
Kepala BPBD Lingga, Oktanius Wirsal

Baca Juga: Polsek Bengkong Menangkan Gugatan Praperadilan Terkait Penggelapan Sepeda Motor

"Alhamdulillah, rintangan itu dapat kita lalui dengan baik. Dibantu oleh rekan-rekan BPBD dan pecinta alam, korban berhasil turun dengan selamat," tambah Oktanius.

Saat ini, kondisi WNA asal Malaysia itu sudah membaik dan telah menjalani pemeriksaan di Rumah Sakit Daik Lingga. Oktanius mengungkapkan bahwa kemungkinan besar kelelahan dan kondisi lutut yang pernah dioperasi turut mempengaruhi situasi korban.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini