Fokus Pentingnya Pondasi Pendidikan Transisi PAUD-SD, Bunda PAUD Lingga: Anak Tidak Harus Pintar Calistung

- 3 Juni 2024, 11:39 WIB
Bunda PAUD Lingga, Maratusholiha Nizar
Bunda PAUD Lingga, Maratusholiha Nizar /Arpa/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Bunda PAUD Kabupaten Lingga, Maratusoliha Nizar, membuka secara resmi kegiatan Sosialisasi dan Advokasi Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar (Transisi PAUD-SD) di aula Kantor Bupati Lingga, Senin (3/6/2024). Kegiatan ini diikuti oleh seluruh sekolah dari jenjang PAUD, TK, dan SD se-Kabupaten Lingga.

Mengusung tema "Melaksanakan pembelajaran yang mendukung PAUD-SD yang menyenangkan untuk meningkatkan angka partisipasi sekolah", sosialisasi ini diharapkan dapat diimplementasikan oleh semua elemen pendidikan, terutama guru dan orang tua yang merupakan pilar penting dalam pondasi pendidikan anak.

Sejak Maret 2023, Kemendikbudristek telah mengeluarkan kebijakan Merdeka Belajar Episode 24 yakni Gerakan Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan. Kebijakan ini bertujuan untuk mengakhiri miskonsepsi terkait kemampuan anak PAUD yang berfokus pada baca, tulis, berhitung (calistung) sebagai satu-satunya bukti keberhasilan belajar.

"Kita semua harus siap mendukung segala program berkaitan dengan proses transisi PAUD-SD ini. Tidak harus lelah, karena memang masih ada yang berpikir anak PAUD harus bisa calistung, diikuti les belajar dan sebagainya," kata Maratusoliha.

Sosialisasi ini merupakan bukti nyata dari aksi nyata Bunda PAUD bekerja sama dengan Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga, baik melalui berbagai media, bahkan melibatkan pertemuan guru PAUD dan guru SD se-Kabupaten Lingga.

Baca Juga: Kejadian Viral: WNA Ngamuk di Denpasar Diamankan Polisi dan Warga

Sosialisasi dan Advokasi Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar ( Transisi PAUD -SD ) di aula Kantor Bupati Lingga, Senin (03/06/2024)
Sosialisasi dan Advokasi Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar ( Transisi PAUD -SD ) di aula Kantor Bupati Lingga, Senin (03/06/2024)

Tujuannya adalah untuk membangun pemahaman bersama, penguatan peran Forum Komunikasi PAUD-SD, serta sosialisasi dan penguatan pemahaman kemampuan pondasi anak kepada masyarakat dan orang tua.

Kepada guru-guru yang hadir diharapkan bisa memanfaatkan pelatihan ini sebaik-baiknya, membangun komunikasi yang baik dengan orang tua murid, bahkan mensosialisasikan peran orang tua sebagai pendidik pertama di lingkungan keluarga.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini