ASDP Indonesia Ferry Siap Hadapi Lonjakan Arus Libur Waisak

- 23 Mei 2024, 06:00 WIB
ASDP Indonesia Ferry Siap Hadapi Lonjakan Arus Libur Waisak
ASDP Indonesia Ferry Siap Hadapi Lonjakan Arus Libur Waisak /

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Dalam menyambut libur nasional Hari Raya Waisak yang jatuh pada Kamis (23/5/2024) dan cuti bersama pada Jumat (24/5/2024), PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah mempersiapkan segala sesuatunya untuk mengantisipasi lonjakan arus kendaraan dan penumpang. Dalam wawancara dengan Sekretaris Perusahaan ASDP, Shelvy Arifin, ia menegaskan komitmennya untuk memberikan pelayanan terbaik bagi para pengguna jasa.

Menurut Shelvy, libur Waisak merupakan periode libur panjang ketiga di bulan Mei, yang akan memicu pergerakan masyarakat untuk berlibur, termasuk menggunakan jalur darat dan penyeberangan. "Kami pastikan kapasitas kapal dan pelabuhan memadai untuk melayani para pengguna jasa. Harapan kami, pengguna jasa dapat menyeberang dengan aman, nyaman, dan selamat," ujarnya.

Persiapan dan Kapasitas Pelayanan

ASDP Indonesia Ferry telah menyiapkan total 66 kapal ferry yang standby di lintas Merak-Bakauheni. Dengan pola operasi 4 kapal per dermaga sesuai ketentuan BPTD, terdapat 28 unit kapal yang siap melayani per 24 jam dengan trip rata-rata mencapai total 105-112 trip per harinya. Ini menunjukkan kesiapan ASDP dalam menghadapi lonjakan arus kendaraan dan penumpang.

Meskipun libur Waisak berlangsung hingga akhir pekan, diperkirakan tidak akan terjadi lonjakan signifikan karena tengah berlangsung ujian akhir nasional untuk sekolah menengah. Namun, ASDP tetap siaga menghadapi kemungkinan peningkatan jumlah kendaraan yang menyeberang.

Proyeksi Jumlah Kendaraan dan Penumpang

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, ASDP memproyeksikan peningkatan jumlah kendaraan hingga delapan ribuan pada hari Kamis (23/5), namun tidak sebanyak saat Idul Fitri yang mencapai di atas 10 ribu unit. Data posko menunjukkan bahwa selama Angkutan Lebaran 2024, jumlah rata-rata kendaraan yang menyeberang pada hari libur mencapai 14.511 per hari.

Baca Juga: Teror KKB: Membakar Kios dan Sekolah di Paniai, Papua

Fasilitas dan Layanan Publik

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini