Bersama Kembangkan Pendidikan Berkualitas: Yuk Ikuti Festival Kurikulum Merdeka 2024

- 8 Mei 2024, 19:30 WIB
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan Kick Off Festival Kurikulum Merdeka 2024 bersama dengan Penggerak Komunitas dan juga perwakilan peserta terpilih Potret Cerita Kurikulum Merdeka dan Cerita Kurikulum Merdeka 2023
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan Kick Off Festival Kurikulum Merdeka 2024 bersama dengan Penggerak Komunitas dan juga perwakilan peserta terpilih Potret Cerita Kurikulum Merdeka dan Cerita Kurikulum Merdeka 2023 /Dok. Kemendikbudristek/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan Kick Off Festival Kurikulum Merdeka 2024 bersama dengan Penggerak Komunitas dan perwakilan peserta terpilih Potret Cerita Kurikulum Merdeka dan Cerita Kurikulum Merdeka 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk menyampaikan informasi terkait rangkaian kegiatan Festival Kurikulum Merdeka 2024, yang dilaksanakan mulai April hingga Juni 2024. Festival ini menjadi wadah bagi berbagai pihak untuk berbagi praktik baik dalam menerapkan Kurikulum Merdeka dan meningkatkan kualitas layanan pendidikan.

Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus, Aswin Wihdiyanto, menyampaikan bahwa Festival Kurikulum Merdeka merupakan ruang belajar dan berbagi yang menjadi sumber semangat dan inspirasi untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan secara berkelanjutan.

Salah satu peserta terpilih Potret Cerita Kurikulum Merdeka 2023, Eka Nurviana Fatmawati, membagikan pengalamannya menerapkan Kurikulum Merdeka di SDN Butuh 1 Kabupaten Kediri, Jawa Timur. Ia menjelaskan bahwa pembelajaran disesuaikan dengan kebutuhan murid dan kondisi satuan pendidikan, sehingga sekolahnya yang berlokasi di desa pun bisa menerapkan Kurikulum Merdeka dengan baik.

Rosyida, perwakilan orang tua murid yang karyanya juga terpilih pada Cerita Kurikulum Merdeka 2023, turut memberikan gambaran tentang peran orang tua dalam mendampingi anaknya belajar dengan Kurikulum Merdeka. Ia menekankan pentingnya peran orang tua dalam mewujudkan pembelajaran berkualitas bagi murid.

Baca Juga: Hindari Macet! KAI Sediakan 739.782 Tiket Kereta Api untuk Libur Panjang

Widya, perwakilan MomAcademy, menegaskan pentingnya kolaborasi antara pemerintah, komunitas, orang tua, dan murid untuk mencapai tujuan pembelajaran berkualitas bagi semua melalui Kurikulum Merdeka. Ia menyambut baik peluang kolaborasi yang dibuka melalui Festival Kurikulum Merdeka ini.

Rangkaian kegiatan Festival Kurikulum Merdeka 2024 meliputi:

  • Potret Cerita Kurikulum Merdeka (22 April - 19 Mei 2024): Sebuah platform online yang menampilkan kisah inspiratif tentang penerapan Kurikulum Merdeka dari berbagai pihak.
  • Puncak Acara Festival Kurikulum Merdeka (akhir Juni 2024): Terdiri dari pemutaran film dokumenter, rangkaian gelar wicara, dan pameran karya terpilih Potret Cerita dalam bentuk daring dan luring.

Untuk informasi lebih lanjut tentang Festival Kurikulum Merdeka, kunjungi:

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini