Luhut Pantau Langsung Progres IKN, Ditargetkan Siap 17 Agustus 2024

- 8 Mei 2024, 07:00 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan Meninjau Progres Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN)
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan Meninjau Progres Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) /Humas Kemenko Marves/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B. Pandjaitan optimistis progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) akan mencapai 80 persen pada Agustus 2024 mendatang. Hal ini disampaikannya usai meninjau langsung berbagai infrastruktur di kawasan IKN pada Selasa (7/5/2024).

“Kami bersama PUPR dan tim terkait telah meninjau progres pembangunan IKN. Memang masih ada beberapa hal yang perlu diselesaikan, namun secara keseluruhan progresnya sudah mencapai 70 persen dan ditargetkan mencapai 80 persen pada Agustus 2024,” ujar Menko Luhut dalam keterangan tertulisnya.

Lebih lanjut, Menko Luhut mengungkapkan bahwa infrastruktur jalan tol sebagai akses utama menuju IKN sudah hampir rampung. Hanya tinggal beberapa pekerjaan finalisasi dan penyelesaian akhir yang perlu dirampungkan.

“Kita optimistis upacara 17 Agustus 2024 mendatang dapat dilaksanakan di IKN. Selain jalan tol, bandara IKN juga ditargetkan sudah dapat didarati pesawat dengan kapasitas tiga pesawat pada 17 Agustus 2024,” tutur Menko Luhut.

Baca Juga: Tingkatkan Daya Saing E-Commerce, BP Batam Gelar Workshop di Aerocity

Dalam peninjauannya, Menko Luhut mengunjungi beberapa lokasi strategis di IKN, di antaranya Tol Akses IKN segmen 5A, Dermaga Logistik IKN, Bandara VVIP IKN, Istana Negara, Lapangan Upacara, Plaza Seremoni, dan Kantor Kementerian Koordinator.

Selain meninjau, Menko Luhut juga menggelar rapat bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono untuk membahas progres pembangunan IKN ke depannya. Dalam rapat tersebut, disepakati beberapa langkah strategis untuk mempercepat penyelesaian pembangunan IKN agar dapat segera digunakan.

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini