Ekonomi Batam Menggeliat, Arus Peti Kemas di Terminal Batu Ampar Tumbuh 10 Persen

- 29 April 2024, 23:00 WIB
Pelabuhan Batu Ampar, Kota Batam
Pelabuhan Batu Ampar, Kota Batam /

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Pertumbuhan ekonomi Batam yang kian pesat turut mendorong peningkatan arus lalu lintas barang di Pelabuhan Batu Ampar. Hal ini dibuktikan dengan melonjaknya angka bongkar muat peti kemas di Terminal Batu Ampar pada Triwulan I Tahun 2024.

Dibandingkan periode yang sama di Tahun 2023, arus bongkar muat peti kemas di Terminal Batu Ampar mengalami kenaikan signifikan sebesar 10%, mencapai 131 Ribu TEUs. Pertumbuhan ini didorong oleh peningkatan aktivitas ekspor dan impor, yang melonjak 15% menjadi 92 Ribu TEUs.

"Kinerja positif ini menunjukkan kepercayaan investor terhadap Batam sebagai salah satu tujuan utama perdagangan dan investasi di Indonesia," ujar Direktur Badan Usaha Pelabuhan BP Batam, Dendi Gustinandar.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Nobar Sepakbola di Batam: Adu Nyali Dukung Tim Favorit!

Kenaikan ini tak lepas dari komitmen Kepala BP Batam, Muhammad Rudi, dalam mengembangkan Terminal Batu Ampar sebagai hub logistik internasional. Berbagai inovasi dan digitalisasi telah diterapkan, termasuk pengoperasian STS Crane dan pelayaran langsung Batam-China.

"Diharapkan dengan berbagai langkah strategis ini, Terminal Batu Ampar dapat semakin meningkatkan daya saingnya dan menjadikan Batam sebagai pusat logistik maritim regional," imbuh Dendi.

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah