Pelabuhan Sri Tanjung Gelam Karimun Siap Hadapi Lonjakan Penumpang Mudik Lebaran

- 4 April 2024, 09:10 WIB
Pelabuhan Sri Tanjung Gelam, Karimun.
Pelabuhan Sri Tanjung Gelam, Karimun. /Istimewa

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Menjelang perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah/2024 Masehi, Pelabuhan Sri Tanjung Gelam atau dikenal juga sebagai Pelabuhan KPK di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, mulai mengalami lonjakan arus penumpang mudik.

Pelabuhan yang menjadi penghubung antar pulau di wilayah Kabupaten Karimun ini diprediksi akan mengalami puncak arus mudik dan balik dari H-5 hingga H+3 Hari Raya Idul Fitri.

Kepala Pos Pelabuhan Sri Tanjung Gelam, KSOP Kelas I Tanjungbalai Balai Karimun, Achmad Zaliansyah, mengungkapkan bahwa lonjakan penumpang bisa mencapai hingga 200 persen per hari.

Baca Juga: Semarak Ramadhan di Karimun: Festival Lampu Colok dan Lampu Hias Kembali Digelar!

"Di hari biasa, jumlah penumpang di Pelabuhan KPK berkisar antara 1.000 hingga 1.200 orang. Namun, selama masa Lebaran, jumlahnya dapat meningkat hingga 3.400 per hari, bahkan mungkin lebih," jelas Achmad pada Rabu, 3 April 2024.

Untuk mengantisipasi lonjakan tersebut, KSOP Tanjungbalai Karimun menegaskan kepada para operator speed boat agar tidak mengangkut penumpang melebihi kapasitas yang ditentukan demi menjaga keselamatan pelayaran.

"Kami telah menempatkan petugas untuk memastikan tidak ada penumpang yang berlebih. Kapal hanya akan berangkat jika jumlah penumpang sesuai dengan kapasitas," tegas Achmad.

Baca Juga: Warga Batam Kapolda Kepri Beri Mudik Gratis ke Tanjungpinang dan Uban, Cek Syaratnya!

Lebih lanjut, Achmad menyampaikan bahwa jadwal keberangkatan kapal kemungkinan besar akan mengalami perubahan selama periode mudik Lebaran, dengan penambahan jadwal keberangkatan untuk mengakomodasi peningkatan jumlah penumpang.

Halaman:

Editor: Ruzi Wiranata


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini