Tradisi dan Kolaborasi: Pawai Takbir Keliling dan Festival Beduk Warnai Malam Takbiran di Tanjungpinang

- 3 April 2024, 19:20 WIB
Malam takbir keliling Idul Fitri 1443 Hijriah di Tanjungpinang
Malam takbir keliling Idul Fitri 1443 Hijriah di Tanjungpinang /Dok. Pemko Tanjungpinang/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Malam Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah di Tanjungpinang akan semakin semarak dengan kembali digelarnya Pawai Takbir Keliling. Penjabat (Pj) Wali Kota Tanjungpinang, Hasan, memastikan tradisi ini akan tetap dilangsungkan dengan konsep serupa tahun-tahun sebelumnya.

Tahun ini, Pemko Tanjungpinang akan berkolaborasi dengan Pemprov Kepri yang juga mengadakan Festival Beduk.

"Pemko Tanjungpinang akan menggelar Pawai Takbir, sedangkan Pemprov Kepri fokus pada Festival Beduk. Nanti kita tinggal sinkronkan saja kedua kegiatan ini," jelas Hasan kepada wartawan.

Pawai Takbir Keliling akan terbuka bagi OPD dan masyarakat umum dengan berbagai kategori. Nantinya, pawai ini juga akan dilombakan dengan mekanisme dan detail lokasi yang akan diinformasikan lebih lanjut.

"Pawai Takbir Keliling ini merupakan tradisi yang dinanti-nanti masyarakat untuk memeriahkan malam takbiran. Kolaborasi dengan Pemprov Kepri diharapkan dapat menambah semarak dan kemeriahan perayaan Idul Fitri di Tanjungpinang," ungkap Hasan.

Kemeriahan Pawai Takbir Keliling

Pawai Takbir Keliling di Tanjungpinang selalu menjadi momen spesial yang dinanti-nanti masyarakat. Ribuan peserta dari berbagai OPD dan organisasi masyarakat akan berbondong-bondong mengumandangkan takbir keliling kota.

Baca Juga: Semarak Ramadhan di Karimun: Festival Lampu Colok dan Lampu Hias Kembali Digelar!

Jalan-jalan utama di Tanjungpinang akan dihiasi dengan berbagai dekorasi dan lampu hias, menambah semarak suasana malam takbiran. Suara takbir yang menggema dan lantunan ayat suci Al-Qur'an dari kendaraan hias akan membangkitkan rasa syukur dan sukacita di hati umat Islam.

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini