Batam Siap Sambut 2 Juta Wisman dengan Penerbangan Baru dan Bandara Mewah

- 17 Februari 2024, 20:30 WIB
Muhammad Rudi saat menghadiri peresmian pnerbangan Batik Air Malaysia di Bandara Hang Nadim Batam
Muhammad Rudi saat menghadiri peresmian pnerbangan Batik Air Malaysia di Bandara Hang Nadim Batam /Dok. Pemko Batam/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Batam merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia, terutama bagi wisatawan mancanegara. Kota ini menawarkan berbagai macam daya tarik, mulai dari wisata alam, budaya, kuliner, hingga belanja. Tak heran, Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, terus berupaya mengembangkan sektor pariwisata di kota ini.

Target Kunjungan Wisman 2 Juta pada Tahun 2024

Rudi mengatakan bahwa ia menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) sebanyak 2 juta pada tahun 2024. Angka ini meningkat dibandingkan tahun sebelumnya, yang mencapai 1,8 juta kunjungan.

“Kami optimistis bisa mencapai target tersebut dengan dukungan semua pihak di Batam, termasuk pelaku pariwisata Batam,” ujar Rudi, Sabtu (17/2/2024).

Salah satu strategi yang dilakukan oleh Rudi adalah memperbaiki akses masuk bagi wisman, baik melalui jalur laut maupun udara. Ia mengatakan bahwa infrastruktur dan pelayanan di pelabuhan dan bandara terus ditingkatkan, agar wisman merasa nyaman dan aman saat berkunjung ke Batam.

Penerbangan Batam-Kuala Lumpur dan Batam-Korea Dibuka

Sebagai salah satu upaya untuk menarik wisman, Rudi juga membuka penerbangan langsung antara Batam dan Kuala Lumpur, Malaysia. Penerbangan ini akan beroperasi tiga kali seminggu, yaitu pada hari Senin, Rabu, dan Jumat.

“Penerbangan ini akan melayani wisatawan dari dan ke Batam dari Kuala Lumpur. Ini jadi pintu masuk wisatawan asal Malaysia, yang selama ini lebih banyak datang ke Batam melalui pelabuhan,” kata Rudi.

Rudi berharap bahwa dengan adanya penerbangan ini, kunjungan wisman dari Malaysia akan meningkat. Ia juga mengatakan bahwa Malaysia merupakan salah satu negara tetangga yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan sebagai pasar wisata Batam.

Selain Malaysia, Rudi juga membuka penerbangan antara Batam dan Korea. Penerbangan ini juga akan beroperasi tiga kali seminggu, yaitu pada hari Selasa, Kamis, dan Sabtu.

“Penerbangan ini akan melayani wisatawan dari dan ke Batam dari Korea. Ini jadi alternatif baru bagi wisatawan Korea yang ingin menikmati keindahan dan keramahan Batam,” kata Rudi.

Halaman:

Editor: Akhlil


Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah