Gangguan Server Kemenkominfo: Polri dan BSSN Turun Tangan

- 23 Juni 2024, 07:00 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jalan Trunojoyo Nomor 3, Jakarta Selatan, Sabtu (22/6/2024)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jalan Trunojoyo Nomor 3, Jakarta Selatan, Sabtu (22/6/2024) /Dok Humas Polri/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Polri bekerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk menangani gangguan pada server Pusat Data Nasional (PDN) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo). Gangguan ini telah mempengaruhi layanan keimigrasian di berbagai titik, termasuk bandara dan pelabuhan.

"Saya kira terkait dengan hal-hal yang bersifat serangan siber, kita kerja sama dengan BSSN untuk melakukan semacam assessment, research," kata Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo di Lapangan Bhayangkara Mabes Polri, Jalan Trunojoyo Nomor 3, Jakarta Selatan, Sabtu (22/6/2024)

Pada Kamis, 20 Juni 2024, server PDN Kemenkominfo mengalami gangguan signifikan yang menyebabkan kendala dalam layanan keimigrasian. Akibatnya, layanan di kantor imigrasi, unit layanan paspor, serta tempat pemeriksaan imigrasi di bandara dan pelabuhan terganggu.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengumumkan bahwa Polri akan berkoordinasi dengan BSSN untuk melakukan assessment dan penelitian mendalam guna mengungkap penyebab gangguan ini.

"Nanti apabila ditemukan maka kemudian peristiwa pidana diproses oleh kepolisian. Ini sudah biasa kita melaksanakan joint dengan temen temen yang membidangi siber," ucap Kapolri.

Baca Juga: Gangguan Sistem PDN: Layanan Keimigrasian Terganggu, Imigrasi Upayakan Pemulihan Data dari Batam

Selain itu, Menteri Koordinator Bidang Politik dan Keamanan (Menko Polhukam), Hadi Tjahjanto, juga mengonfirmasi bahwa pemerintah terus melakukan perbaikan dan penyelidikan terkait masalah teknis pada server PDN tersebut.

Gangguan pada server PDN Kemenkominfo pertama kali terdeteksi pada Kamis, 20 Juni 2024. Penyelidikan dan upaya perbaikan masih berlangsung hingga saat ini. Gangguan server ini berdampak pada layanan keimigrasian di seluruh Indonesia, termasuk kantor imigrasi, unit layanan paspor, serta tempat pemeriksaan imigrasi di bandara dan pelabuhan.

"Iya itu memang sangat teknis. Masih terus diperbaiki dan didalami," katanya

Halaman:

Editor: Husni


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini