Mahasiswa Poltera Ciptakan Alat Bantu Pembuka Kulit Hewan Kurban, Permudah dan Efisien

- 17 Juni 2024, 12:39 WIB
Tim mahasiswa dan dosen dari Politeknik Negeri Madura (Poltera) menciptakan teknologi tepat guna berupa alat bantu pembuka kulit hewan kurban khususnya jenis kambing
Tim mahasiswa dan dosen dari Politeknik Negeri Madura (Poltera) menciptakan teknologi tepat guna berupa alat bantu pembuka kulit hewan kurban khususnya jenis kambing /vokasi.kemdikbud.go.id/

LINGGA PIKIRAN RAKYAT - Tim mahasiswa dan dosen dari Politeknik Negeri Madura (Poltera) berhasil menciptakan teknologi tepat guna berupa alat bantu pembuka kulit hewan kurban, khususnya jenis kambing. Alat ini dapat membantu memudahkan proses penyembelihan dan pemisahan kulit dari daging.

Pengembangan alat ini merupakan bagian dari program Pengabdian Masyarakat (Abdimas) skema hasil Penerapan Produk Unggulan Iptek tim pengabdian masyarakat dosen dan mahasiswa Jurusan Rekayasa Mesin dan Industri (JRMI), Prodi D-3 Teknik Mesin Alat Berat, Poltera.

Mempercepat, Membersihkan, dan Mengurangi Risiko Kerusakan

"Penggunaan alat ini dapat mempercepat proses pembukaan kulit, memastikan hasil yang lebih bersih, dan mengurangi risiko kerusakan pada kulit atau daging dengan efisiensi waktu yang lebih cepat," kata Ayus Wahyudi, satu anggota tim dari mahasiswa.

Ayus menjelaskan, ide pembuatan alat bantu pembuka kulit hewan kurban ini dilatarbelakangi oleh kendala yang dialami oleh para petugas/panitia hewan kurban saat menangani hasil sembelihan. Utamanya adalah saat harus memisahkan antara kulit dan daging hewan kurban.

"Biasanya proses ini cukup lama dan membutuhkan banyak personel untuk menanganinya. Oleh karena itulah, kami mencoba untuk berinovasi dengan mengembangkan alat ini," kata Ayus.

Alat Tepat Guna untuk Kemudahan dan Manfaat Masyarakat

Alat bantu pembuka kulit hewan kurban ini merupakan inovasi dengan konsep teknologi tepat guna yang dirancang untuk memudahkan proses penyembelihan dan pemisahan kulit dari daging. Alat ini telah diserahkan pihak Poltera untuk Masjid Agung Assyahied, Kabupaten Sampang, Jawa Timur.

Baca Juga: Lapas Narkotika Tanjungpinang Sembelih 7 Hewan Kurban

Halaman:

Editor: Akhlil


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini